Jangan Sampai Terlambat, Ini Cara Merawat Organ ‘Hati’ Tetap Sehat

Kinipaham.com – Seperti yang kita ketahui bahwa organ hati merupakan organ terbesar kedua dengan ukuran kira-kira sebesar bola rugby. Organ hati berfungsi sebagai pembuang racun dalam tubuh. Tentu saja apabila organ hati kamu rusak maka racun-racun dalam tubuhmu tidak dapat dibuang dengan baik.

Biasanya penyebab organ hati rusak adalah obesitas, alkohol, virus, dan genetik. Jangan sampai terlambat kamu mengetahuinya, kami akan memberikan cara merawat agar organ hati tetap sehat, yuk simak.

Baca Juga : Kenalin Nih Hape Lipat Motorola Razr 2020, Dijamin Bikin Ngiler

Minum Kopi

Siapa sangka ternyata minum secangkir kopi dalam sehari kemungkinan kecil terkena penyakit hati termasuk kanker dan jaringan parut (fibrosis,sirosis). Walaupun berfungsi dapat membantu mengurangi terkena penyakit hati atau liver, tidak dapat bisa disandingkat dengan berolahraga secara teratur.

Tidak Berhubungan Seks Bebas

Sayangilah diri kamu dan pasangan kamu, sebelum menikah cobalah periksa ke Dokter apakah kamu dan pasangan kamu memiliki penyakit ini. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka mempunyai penyakit liver karena tidak memeriksanya ke Dokter. Salah satu akibatnya kamu dan pasangan kamu bisa terkena Hepatitis C.

Menghindari Minuman Mengandung Alkohol

Ketika kamu minum yang mengandung alkohol maka organ hati kamu berhenti untuk memecah alkohol lalu mengeluarkannya dari darah kamu. Jika terlalu sering maka akan menyebabkan bakteri jahat tumbuh diusus kamu dan menyebabkan kerusakan organ hati.

Menjaga Berat Badan

Salah satu penyebab penyakit liver adalah obesitas. Maka kamu harus menjaga berat badan kamu, walaupun kamu selalu disibukan oleh pekerjaanmu, luangkanlah waktu 1 atau 2 jam untuk olahraga secara teratur dan konsumsi makanan yang sehat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

Baca Juga : Makanan Jepang yang Sehat tapi Jarang Diketahui

Masih Banyak orang-orang yang belum peka terhadap kesehatannya sendiri, untuk itu kita harus mengecek secara rutin ke Dokter untuk mengetahuinya. Selain itu, hindari pemakain jarum suntik secara bergantian dan konsumsilah makanan yang sehat seperti buah dan sayur. (HA)

 

Copy

Advertise