Jangan Sampai Nyesel, Begini Tips Aman Naik Motor saat Turun Hujan

Kinipaham – Beberapa wilayah di Indonesia mulai memasuki musim hujan, bagi pengendara mobil atau motor harus ekstra hati-hati. Biasanya, ketika musim hujan seperti ini, banyak pohon yang tumbang dikarenakan hujan yang disertai angin kencang sehingga membuat jalan menjadi macet.

Jarak pandang juga menjadi lebih kecil ketika hujan dibandingkan saat kering. Selain pohon tumbang dan jarak pandang menjadi kecil, pasti ada genangan-genangan air di jalan yang tercipta melalui jalan-jalan berlubang.

Baca Juga : Soal Penanganan Banjir di Jakarta: Ahok Lebih Baik dari Anies

Di musim hujan seperti ini, pasti banyak kendaraan yang menggunakan lampu sein darurat khususnya mobil. Padahal, lampu tersebut digunakan pada saat keadaan yang benar-benar genting seperti ada trouble pada kendaraan atau yang lainnya.

Ketika lampu darurat dinyalakan, maka para pengendara dari arah belakang menjadi waspada, karena bingung apakah akan berbelok kiri atau kanan. Imbasnya, tentu terjadi kemacetan.

Baca Juga : Bukan Guyon Lagi, Kini Bayar SPP Sekolah Bisa Pakai GoPay

Selain lampu sein darurat, ada satu fenomena yang hanya terjadi di Indonesia, yaitu pengendara bermotor yang berteduh di bawah terowongan pada saat hujan. Ini menyebabkan kemacetan karena yang tadinya bisa dilewati dua jalur menjadi hanya satu, karena jalur lainnya digunakan sebagai tempat berteduh.

Jalan tol biasanya hanya bisa dilewati oleh mobil tetapi di Singapura motor dapat melewati jalan tol, dan istimewanya jalan tol di Negeri Singa ada tempat berteduh untuk kendaraan bermotor ketika turun hujan.

Di Tanah Air sendiri, ada jalan tol yang dapat dilewati kendaraan bermotor yakni Bali, tetapi untuk tempat berteduh masih belum ada. Nah, biar berkendara saat hujan tetap nyaman dan aman, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan:

1. Fisik harus prima

2. Membawa mantel hujan, disarankan jangan berjenis ponco

3. Cek kondisi ban dan rem

4. Kondisi lampu harus menyala

5. Waspadai genangan air

6. Hindari gundukan tanah akibat proyek di perkotaan

7. Berteduh di tempat yang aman

8. Jangan tergesa-gesa ketika sedang membawa kendaraan

Copy

Advertise