Jangan Remehkan Perkataan Gatot soal Kebangkitan PKI, Bisa Jadi Benar

Kinipaham – Baru-baru ini, ucapan Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo tentang kebangkitan Partai Komunis Indonesia atau PKI mendapat sorotan publik. Sebab, banyak yang menilai, perkataan Gatot itu terkesan mengada-ada alias tanpa bukti yang jelas.

Dilansir dari saluran Youtube Hersubeno Point, Sabtu 26 September 2020, Gatot Nurmantyo mengatakan, gerakan terlarang seperti PKI dilakukan secara terselubung atau diam-diam. Sehingga, kebangkitannya tak bisa dilihat, namun bisa dirasakan.

“Saya mengamati tentang kemungkinan-kemungkinan bangkitnya gerakan Partai Komunis Indonesia (PKI) gaya baru. Ini diawali sejak 2008, setelah saya mendapat informasi-informasi. Sehingga, saya menyatakan, membungkus semua gerakan ini dengan proxy war,” ujar Gatot Nurmantyo.

“Gerakan ini tidak bisa dilihat bentuknya, tapi dirasakan bisa. Contohnya, sejak 2008 itu seluruh sekolah meniadakan pelajaran tentang G30SPKI. Ini suatu hal yang sangat berbahaya,” tambahnya.

Baca juga: Gatot Nurmantyo Disebut Maju Pilpres, PDIP: Emang Ada yang Mau Dukung?

Kendati banyak yang meragukan ucapannya, namun pengamat politik, Ujang Komarudin menilai, apa yang disampaikan Gatot mungkin bisa jadi benar. Sebab, kata dia, Gatot menelusuri sendiri hal tersebut di lapangan.

“Jika itu hasil temuan di lapangan, maka apa yang disampaikan GN merupakan sesuatu yang benar dan apa adanya. Bukan mainan politik seperti yang banyak dituduhkan musuh politiknya,” terang Ujang, dikutip dari JPNN.

Dosen di Universitas Al Azhar Indonesia tersebut kemudian mengingatkan, latar belakang Gatot murni prajurit TNI. Bahkan, kariernya pernah menjadi panglima TNI. Maka, dia menyarankan, pemerintah bisa menyikapi pernyataan Gatot dengan bijaksana.

“Tentu itu menjadi kelebihannya (Gatot), bisa mengendus dan membuktikan PKI gaya baru tersebut. Saya kira yang harus dilakukan pemerintah tentu harus waspada dan mengoreksi serta mengevaluasi di dalam istana, agar tak menganggap enteng soal PKI gaya baru temuan GN,” kata dia.

Copy

Advertise