Jangan Parno Corona, Ini Bahan Alami yang Ampuh Redakan Flu

Kinipaham – Dalam satu bulan terakhir, masyarakat diserang kepanikan lantaran mewabahnya virus corona atau Covid-19 di Indonesia. Namun masalahnya, virus mematikan itu memiliki gejala yang mirip dengan flu biasa, sehingga sulit sekali membedakannya.

Flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Penderita yang terserang flu akan mengalami demam, sakit kepala, pilek, hidung tersumbat, serta batuk.

Flu merupakan penyakit yang mudah menular ke orang lain, terutama pada 3-4 hari pertama setelah penderita terinfeksi. Bahkan ada beberapa kasus, penderita flu dapat menularkan penyakitnya sebelum gejala muncul.

Baca Juga : Mengenal Bachteriophage, Virus ‘Baik’ yang Ramah untuk Tubuh

Gejala flu lebih parah dan menyerang secara mendadak, seperti. Selain minum obat, rupanya untuk mengobati flu bisa juga dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, sehingga bisa membantu meredakan gejala. Apa saja?

Jahe

Sudah sejak dulu jahe menjadi resep yang dapat menghangatkan tubuh dan memproduksi keringat, sehingga dapat mengeluarkan racun serta virus dari dalam tubuh. Jahe juga bisa untuk melancarkan pencernaan, mengeluarkan dahak, dan melegakan tenggorokan.

Pisang

Pottasium yang terkandung dalam pisang dapat berfungsi untuk menenangkan pikiran, serta membantu gejala sulit tidur. Pisang juga mengandung vitamin B6, magnesium, dan kalium yang dapat menjaga tekanan darah tetap normal. Jadi, ketika kamu mau tidur pisang dapat membatu tidur kamu jadi lebih nyenyak.

Baca Juga : Wuhan Cabut Lockdown, Warga Khawatirkan Gelombang Infeksi Baru

Madu

Banyak sekali manfaat madu seperti sumber energi bagi tubuh, memperkuat imun dan juga menjadi obat alami untuk meredakan flu dan batuk. Ada penelitian yang menyatakan bahwa madu dapat mengurangi batuk dengan melapisi tenggorokan dan menyembuhkan iritasi.

Faktanya, madu lebih efektif melawan batuk dibandingkan dengan obat batuk. Namun jangan lupa, anak umur 12 tahun kebawah tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi madu karena berisiko terjangkit infant botulism.

Bawang Putih

Senyawa yang ada dalam bawang putih yaitu minyak allicin yang dapat memberikan aroma khas bawang putih yang ampuh untuk melawan pilek dan flu. Selain itu bahan makanan ini kaya akan antioksidan dan telah diteliti memiliki zat antivirus sehingga dapat mencegah pilek atau flu serta memperpendek durasi sakit.

Itulah beberapa makanan yang dapat membatu melawan gejala flu dan pilek secara alami tanpa obat. Untuk membedakan gejala flu biasa dan Covid-19 simak pembahasan di bawah ini.

Perbedaan Gejala Flu Biasa dan Infeksi Virus Corona

Flu biasa terjadi ketika rhinovirus menyerang saluran pernapasan. Umumnya, keluhan yang muncul akan datang dari hidung dan tenggorokan (saluran pernapasan atas). Gejalanya seperti bersin, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, batuk, sakit kepala ringan dan demam (jarang).

Baca Juga : Ilmuwan Singapura Temukan Alat Uji Coba Corona Tercepat, Cuma 5 Menit

Sama seperti rhinovirus, virus corona juga menginfeksi saluran pernapasan. Itulah mengapa, orang yang menderita Covid-19 bisa mengalami gejala yang mirip dengan flu. Meski begitu, virus corona yang sekarang sedang mewabah lebih sering menyebabkan keluhan pada saluran pernapasan bawah, ada 3 gejala utama pada virus Covid-19 yaitu demam tinggi, batuk dan sesak nafas.

Virus corona bisa menyerang siapa saja, termasuk ibu hamil atau menyusui serta bayi dan anak-anak. Ada beberapa kasus juga yang mengalami nyeri otot, sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, diare, mual, dan muntah. Namun, gejala ini jarang terjadi dan tidak khas pada pasien Covid-19.

Baca Juga : Jangan Keburu Panik, Penularan Corona Bisa Dicegah dengan 6 Langkah ini

 

 

Copy

Advertise