Jangan Asal, Ini 5 Makanan Sehat Khusus untuk Ibu Hamil

Kinipaham – Hamil atau mengandung merupakan kondisi di mana wanita harus benar-benar memikirkan kondisi tubuh serta kesehatannya. Sebab, ketika mereka tidak menjaga kesehatan, maka buah hati yang lahir juga akan merasakan dampaknya. Itulah mengapa, ibu hamil dituntut menyantap makanan sehat dan bergizi.

Lalu apa saja makanan sehat yang direkomendasikan untuk ibu hamil? Sebenarnya, sama saja dengan makanan sehat pada umumnya, tapi pada beberapa kasus, ada makanan yang memang dikhususkan untuk ibu hamil.

Makanan sehat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan gizi selama kehamilan, asupan seperti makronutrien dan mikronutrien kita harus seimbang.

Berikut daftar kebutuhan maronutrien:

  • Karbohidrat
  • Lemak, dan
  • Protein

Dan kebutuhan mikronutrien yang bisa didapatkan dari berbagai macam jenis vitamin dan mineral.

Bingung mendapatkan asupan macronutrien dan micronutrien? Berikut makanan yang bisa kamu konsumsi untuk memenuhi kebutuhan macronutrien dan micronutrien.

Daftar Makanan Sehat Ibu Hamil

Produk Olahan Susu

Kamu tidak bisa mengalihkan perhatian pada produk olahan susu, baik sedang hamil ataupun tidak, karena selain rasanya yang nikmat, produk olahan susu juga memiliki kandungan protein dan kalsium yang sangat dibutuhkan selama proses kehamilan.

Kebutuhan akan protein dan kalsium sendiri juga dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin. Alergi laktosa? Kamu bisa mencoba produk olahan susu nabati, yang terbuat dari kacang kedelai atau kacang almond.

Ubi Jalar

Pernah makan ubi jalar? Kalau di kampung, ada yang menyebutnya Cepu. Makanan yang penuh manfaat ini sangat dibutuhkan ibu hamil, karena mengandung Vitamin A yang sangat bagus untuk perkembangan janin. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari ubi jalar, kamu bisa mengkonsumsinya dengan teratur dan tentu dengan pengawasan.

Kacang-kacangan

Ada sejumlah makanan yang berukuran kecil tapi menyimpan banyal manfaat. Salah satunya, kacang-kacangan. Kamu bisa mendapat banyak manfaat dari kacang-kacangan selama proses kehamilan.

Di mana kacang-kacangan akan memberikan kamu kebutuhan  serat, protein, zat besi, dan asam folat yang akan sangat berguna untuk perkembangan janin dalam kandungan kamu.

Ikan Salmon

Ada yang menarik dari ikan ini, yakni memiliki kandungan merkuri yang sangat rendah. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Ditambah lagi manfaat yang terkandung dalam ikan salmon lainnya, seperti asam lemak omega 3 yang penting untuk meningkatkan fungsi otak janin.

Telur

Telur merupakan protein hewani yang sangat tinggi, kamu bisa mengkonsumsi telur selama proses kehamilan. Karena mengkonsumsi telur dengan pengawasan akan sangat bermanfaat untuk perkembangan otak janin

Namun, pastikan selalu telur yang kamu konsumsi sudah benar-benar  matang ya. Karena telur yang mentah sering mengandung parasit yang bisa membahayakan ibu hamil dan janinnya. (Hamzah)

Copy

Advertise