Hyundai Punya Mobil yang Emisi Buangnya Aman Dihirup Manusia

Kinipaham.com – Emisi atau gas buang kendaraan merupakan pemicu utama terjadinya polusi udara di dunia. Sebab, sisa pembuangan yang disalurkan melalui corong knalpot tersebut mengandung Karbon Monoksida, Nitrogen Oksida, dan senyawa berbahaya lain yang mampu merusak sistem pernafasan manusia.

Namun, tak semua jenis mobil menghasilkan emisi buang berbahaya bagi tubuh manusia. Salah satunya Hyundai Nexo yang baru-baru ini meluncurkan video di laman berbagi Youtube untuk membuktikan bahwa sisa pembakaran mesinnya aman dihirup manusia secara langsung.

Di video itu, tampak atlet renang asal Spanyol bernama Mireia Belmonte berada di dalam gelembung kaca yang terhubung langsung dengan knalpot Hyundai Nexo. Lantas ketika mesin mobil dinyalakan, emisinya seketika menyembur ke dalam ruang gelembung tersebut.

Menariknya, Belmonte yang berada di dalam sembari melakukan treadmill, tampak baik-baik saja dan bisa bernapas dengan normal. Bahkan di akhir adegan, dirinya sempat menyunggingkan senyuman seakan takjub dengan apa yang baru saja terjadi.

Bahan Bakarnya Hidrogen

Video unik berdurasi 40 detik tersebut merupakan cara Hyundai mengedukasi konsumen terkait kelebihan mobil berbahan bakar hidrogen. Salah satu hal yang mereka tekankan, ialah gas buang yang aman untuk lingkungan dan sistem pernafasan manusia.

Sekadar diketahui, kendaraan berbahan bakar hidrogen hanya menghasilkan uap air dan juga panas. Sehingga, mampu menjernikan udara keluar yang dihasilkan dari sisa pembakaran mesin.

Saat ini, mobil yang menggunakan mesin ‘pencerna’ hidrogen masih sangat terbatas. Namun dalam beberapa tahun ke depan, bukan tak mungkin pabrikan roda empat lebih banyak membuat produk bermesin hidrogen ketimbang bensin. Hal tersebut sejalan dengan aturan emisi yang berlaku di banyak negara.

Tonton video lengkapnya di sini:

Copy

Advertise