Hot, Samsung Siapkan Sensor Kamera Baru dengan Resolusi 144 MP

Kinipaham.com – Saat ini, ponsel bukan hanya menjadi perangkat penunjang mobilitas dan komunikasi, melainkan juga digunakan untuk hiburan sehari-hari. Itulah mengapa, berbagai fitur dihadirkan, mulai dari multimedia hingga kamera.

Sejauh ini, ponsel berstatus high-end umumnya menggunakan sensor bidik beresolusi 48 megapiksel (MP), hasilnya pun sudah terbilang sempurna, bahkan dalam keadaan gelap sekalipun. Apalagi, saat mode malam dinyalakan, gemerlap lampu kota tertangkap begitu jelas.

Namun demikian, perusahaan teknologi asal Korea Selatan, Samsung, berniat menghadirkan resolusi lebih besar, yakni 144 MP. Dilansir GSM Arena, Jumat 20 Desember, perusahaan asal Korea Selatan ini telah bersiap dengan fabrikasi 14 nm FinFET yang ditujukan untuk produksi sensor kamera.

Baca juga: Kenapa Lampu Lalu Lintas Warnanya Merah Kuning Hijau?

Sekadar diketahui, tantangan utama yang dihadapi sensor kamera adalah pemakaian voltase tinggi. Sekitar dua volt ke atas yang jelas memakan banyak daya. Tim riset Samsung mengklaim teknologi 14 nm FinFET ini memungkinkan mereka untuk mengurangi 42 persen pemakaian daya pada sensor kamera 144 MP

Menariknya lagi, sensor kamera ini juga memungkinkan mengambil foto dalam frame per second tinggi. Bahkan, sanggup berada di 10 fps.

Baca juga: 4 Rekomendasi Laptop Slim yang Enggak Ribet

Sayangnya, hingga kini belum ada informasi mengenai spesifikasi lengkap sensor kemera ‘gila’ tersebut. Pihak Samsung juga belum menyebutkan, ponsel apa yang pertama kali akan menggunakannya. Tapi yang jelas, saat teknologi itu hadir, dunia digital pasti lebih dinamis. Sebab, perusahaan lain tentu akan mengadopsi langkah yang sama. (SFN)

Copy

Advertise