Google Maps Punya Saingan, Dijamin Lebih Canggih

Kinipaham.com – Hingga saat ini, Google Maps lebih dipilih pengemudi sebagai perangkat penunjuk arah. Namanya yang populer, ditambah penggunaannya yang mudah, membuat teknologi itu lebih mendapat sorotan.

Namun, mereka tidak akan melenggang sendirian. Sebab, perusahaan teknologi asal Belanda, Tomtom, baru saja meluncurkan teknologi serupa yang diklaim lebih canggih. Perangkat itu dinamakan IFTTT atau If This Then That. Tomtom percaya, hal itu mampu mengangkat nama mereka di bidang teknologi kendaraan.

Apabila Google Maps hanya menyediakan opsi penunjuk arah dan pengamatan situasi jalan, Tomtom dengan IFTTT-nya bisa membuat pengemudi berinteraksi langsung dengan perangkat. Jika terjebak macet, tanyakan saja jalan alternatif lain, maka alat itu akan memberitahu pengemudi secara rinci. Misal: “Setelah belok sini, lalu belok mana?”

Tomtom menyebut, IFTTT bisa difungsikan sebagai guide pribadi bagi pengemudi. Mereka membandingkannya dengan fitur Siri pada perangkat Apple, yang memberi kesempatan penggunanya untuk melakukan interaksi langsung dengan perangkat teknologi, atau sederhananya: teman bicara.

Penyematan fitur tanya-jawab pada teknologi peta memang masih baru, sehingga langkah Tomtom tersebut perlu mendapat dukungan publik. Direktur Pengelolaan Konsumen Tomtom, Mike Schoofs menyampaikan, bahwa IFTTT menawarkan pengalaman baru yang lebih menyenangkan.

“Kami telah merencanakannya dengan matang, tentang pengalaman baru bagi pengemudi. Nantinya, mereka akan mendapat arahan, sejak mulai menyalakan mobil hingga sampai ke tujuan,” ungkapnya, seperti dikutip Venturebeat, Rabu 18 Desember 2019.

Perangkat yang wujudnya menyerupai panel instrumen dengan ukuran lima inci itu, sudah mulai dijual bebas di pasaran. Bagi yang ingin membelinya, Tomtom menjualnya mulai dari US$370 atau setara Rp5,2 jutaan. (SFN)

Copy

Advertise