Gegara Corona, Ratusan Pilot Banting Stir Jadi Ojol

Kinipaham – Sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona, sebagian negara memilih memberlakukan lockdown atau menutup akses masuk dan keluar wilayah. Imbasnya, banyak maskapai penerbangan yang mulai merampingkan perusahaan. Malahan, dikutip dari laman World of Buzz, Senin 4 Mei 2020, tak sedikit pilot yang akhirnya dirumahkan dan melakoni pekerjaan lain untuk menyambung hidup.

Menurut Berita Awani, tercatat ada lebih dari 200 pilot di Bangkok, Thailand yang diberhentikan perusahaan dan memilih banting stir menjadi driver ojek online. Salah satunya, pria bernama Kritee Youngfuengmont yang sebelum datangnya pandemi, profesinya merupakan pilot pesawat komersial.

Dalam beberapa hari terakhir, Kritee lebih sering mengantarkan makanan dan juga barang kepada pelanggan. Hari-harinya tentu berbeda dengan saat dirinya masih menjadi pilot di maskapai penerbangan. Namun demikian, ia merasa pilihannya tak keliru. Bagaimana pun juga, kata dia, kehidupan harus tetap berjalan.

“Hidup memang tidak bisa diduga dan segala hal dapat terjadi kapan saja. Kamu bisa menikmati keindahan dalam hidup tapi dalam satu kedipan mata, semuanya bisa hilang,” ujarnya.

Baca juga: Mulianya Para Pemimpin di Eropa, Ramai-ramai ‘Patungan’ untuk Tangani Covid-19

Lebih jauh, Kritee juga menilai, pandemi tersebut tentu merugikan banyak pihak. Kehadirannya pun tak bisa diprediksi. Itulah mengapa, kata dia, saat ini pilihannya ada dua: tetap berjuang atau menyerah pada nasib. Terkait hal itu, ia memilih opsi nomor satu.

Meski banyak yang menilai pekerjaannya saat ini tak sebaik sebelumnya, namun siapa kira pendapatan harian Kritee sebagai ojol terbilang cukup besar. Ia pernah mendapat 1.500 Baht atau setara Rp700 ribu dalam sehari. Ia mengaku, pemasukannya itu bisa menutupi pengeluarannya sementara waktu. Hebat sekali, bukan?

Copy

Advertise