Enggak Sembarangan, Begini Sepak Terjang 6 Menteri Baru Jokowi

KinipahamPresiden Jokowi yang didampingi wakilnya, Ma’ruf Amin, resmi mengumkan enam menteri baru dalam kabinet Indonesia Maju. Pengumuman tersebut digelar secara virtual dari Istana Merdeka, Jakarta, Selasa 22 Desember 2020.

Menariknya, hampir seluruh nama yang disebutkan Jokowi merupakan tokoh familiar yang acap muncul di sejumlah media. Misalnya, Sandiaga Uno yang menggantikan posisi Wishnutama sebagai Menparekraf, Tri Rismaharini yang menjabat sebagai Mensos, dan Yaqut Cholil Qoumas yang ditunjuk sebagai Menag.

Sementara tiga nama lainnya yakni Budi Gunadi Sadikin sebagai Menkes, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri KKP, dan M. Lutfi sebagai Mendag. Seluruhnya, kata Jokowi, kemungkinan bakal dilantik besok, atau sehari setelah pengumuman dibacakan.

Sepak Terjang 6 Menteri Baru Jokowi

Sebelum memilih seseorang untuk mengisi jabatan menteri, Jokowi tentu tak asal. Ada pertimbangan yang harus dibuat sebelum menentukan pilihan. Salah satunya yakni track record atau sepak terjang.

Pertama, Sandiaga Uno. Sebelum terpilih menjadi Menparekraf, dia pernah menjabat di Partai Gerindra, menjadi Wakil Gubernur atau Wagub DKI Jakarta periode 2017, serta mendampingi Capres Prabowo Subianto di Pilpres 2019 lalu. Selain itu, Sandi juga berstatus sebagai pengusaha yang sukses.

Kedua, ada Risma yang pernah menjabat sebagai Wali Kota Surabaya, Jawa Timur. Semasa mengisi jabatan tersebut, dia dan kota yang dipimpinnya mendapat sejumlah penghargaan, baik secara nasional maupun intenasional.

Kemudian ada Budi Gunadi yang pernah menjabat sebagai Dirut Bank Mandiri dan Wakil Menteri BUMN, Sakti Wahyu yang pernah menjadi Wamenhan, Muhammad Lutfi yang pernah bekerja sebagai Duta Besar Indonesia untuk Jepang dan Amerika, lalu Gus Yaqut yang sebelumnya menjadi Ketua Umum Banser Nahdlatul Ulama (NU).

Copy

Advertise