Dunia Dilanda Virus Corona, Apa yang Mesti Diketahui?

Kinipaham.com – Pada tanggal 31 Desember 2019, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) diberitahu tentang kasus pneumonia yang bernama Coronaviruses atau Virus Corona di Kota Wuhan, China.

Virus Corona merupakan virus jenis baru dengan nama 2019-nCoV. Kabar terbaru dari kasus Virus Berbahaya ini di Kota Wuhan, China telah merenggut 41 nyawa dan ribuan orang telah terinfeksi.

Virus Corona termasuk dalam keluarga besar virus yang penyebabnya dimulai dari flu, demam bahkan sampai menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, hingga komplikasi gagal ginjal dan bahkan kematian.

Kasus Virus baru ini telah menyebar ke berbagai Negara seperti Amerika, Thailand, Korea Selatan, Jepang, Taiwan, Macau, Malaysia, Singapura, Australia, Nepal dan Perancis. Sampai saat ini belum ditemukan vaksin untuk virus tersebut. Untuk menghindari dan mencegah virus corona, informasi ini yang harus kamu ketahui!

Asal Virus dan Cara Penyebarannya

Virus Corona ini berasal dari pasar yang ada di Kota Wuhan, China. Pasar Wuhan tersebut menjual berbagai macam ikan dan sejumlah daging hewan lainnya.

Diduga asal Virus nCoV ini dari hewan kelelawar dan ular, awalnya virus ini menginfeksi hewan saja tetapi virus ini dapat berevolusi ke dalam tubuh manusia dan menjadi virus baru yang menyerang manusia. Akibat dari penyebaran virus ini, kota Wuhan ditutup oleh pemerinta China dan menutup semua jalur transportasi.

Gejala Novel Corona Virus 2019-nCoV

Gejala yang dialami oleh orang yang terinfeksi virus corona ini akan mengalami demam >38°C, batuk, sesak nafas yang membutuhkan perawatan di Rumah Sakit.

Gejala ini diperberat jika penderita adalah usia lanjut dan mempunyai penyakit penyerta lainnya, seperti penyakit paru obstruktif menahun atau penyakit jantung.

Pencegahan

Dikarenakan belum adanya vaksin untuk virus ini, maka lebih baik kita mencegahnya terlebih dahulu. Untuk mencegah penyebaran virus ini Badan Kesehatan Dunia (WHO), merekomendasikan sebagai berikut :

  • Membersihkan tangan dengan sabun atau hand rub yang mengandung alkohol
  • Tutup hidung dan mulut ketika kamu bersin dengan tisu.
  • Hindari kontak langsung dengan orang yang sedang terkena flu atau demam.
  • Masak daging dan telur secara matang.
  • Gunakan pelindung saat melakukan kontak dengan binatang liar atau ternak.

Baca Juga : Jangan Sampai Terlambat, Ini Cara Merawat Organ ‘Hati’ Tetap Sehat

Hingga saat ini belum ada laporan terkait virus corona di Indonesia. Kemenkes telah menerbitkan Surat Edaran kepada seluruh Dinas Kesehatan Provinsi dan Kab/Kota, RS Rujukan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi kemungkinan penyakit ini masuk Negara kita.

Copy

Advertise