Duh, Masih Banyak Orang Indonesia yang Belum Paham Khasiat Buah

Kinipaham – Indonesia merupakan negara penghasil buah-buahan yang tak banyak tumbuh di negara lain. Suhu udara yang hangat dan jenis tanah yang subur, menjadi penyebab utama mengapa buah-buahan langka seperti durian, sawo, dan lainnya bisa tumbuh di sini.

Mengingat buah mengandung banyak nutrisi dan vitamin, maka mengkonsumsinya setiap hari merupakan suatu hal yang baik bagi tubuh. Berbeda dengan suplemen, kandungan vitamin dalam buah sifatnya alami sehingga tidak ada efek samping.

Baca Juga : Deretan Mitos soal Mie Instan, Benarkah Mengandung Lilin?

Selain kaya akan vitamin dan nutrisi, kandungan dalam buah juga mengandung serat dan mineral yang dapat menyehatkan tubuh kita. Sangat disayangkan, kesadaran masyarakat di Indonesia mengkonsumsinya masih minim, sehingga Tanah Air ditetapkan menjadi salah satu negara terendah se-Asia dalam hal mengkonsumsi buah-buahan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO (World Health Organization), kekurangan buah dan sayur itu dapat menyebabkan penyakit jantung iskemik sebesar 31% dan menyebabkan struk sebesar 11%. Sebenarnya zat-zat yang terkandung dalam buah dapat menurunkan penyakit diabetes, jantung koroner, dan lainnya.

Baca Juga : Benarkah Kasus Obesitas Dipengaruhi Kebiasaan Manusia Purba?

Riskesdas (Riset Kesehatan Daerah) pun membenarkan hal demikian. Bahkan, mereka mencatat ada 90% masyarakat Indonesia yang enggan menyantap buah. Fakta tersebut tentu sangat disayangkan, sebab harga buah di sini cenderung lebih murah dibandingkan negara lainnya.

Selain itu, data lain dari Riskesdas pada tahun 2013 menyatakan 93% anak dengan usia 10 tahun mengalami kekurangan dalam mengkonsumsi buah dan sayur. Sehingga, ketika mereka sudah beranjak dewasa akan terbiasa untuk tidak mengkonsumsi buah.

Baca Juga : Ladies Wajib Tahu, Ini Facial Wash Lokal yang Ampuh Usir Jerawat

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan masyarakat dunia untuk mengonsumsi 400 gram buah dan sayur setiap hari. Di Indonesia pun Kementerian Kesehatan telah menyarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan dua hingga tiga porsi per hari.

Padahal, mengkonsumsi buah-buahan dalam satu hari sebanyak lima porsi, bisa menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh manusia. Jadi, agaknya tak ada alasan lagi untuk tak mau menyantap buah. Yuk, mulai jalani hidup sehat mulai sekarang!

Copy

Advertise