Diklaim Bisa Basmi Virus Lewat Hidung, Nose Sanitizer Siap Dijual

Kinipaham – Jika sebelumnya kita hanya mengenal hand sanitizer sebagai pembasmi droplet di area tangan, maka saat ini ada nose sanitizer untuk membasmi ‘musuh’ yang sama di bagian hidung. Lantas, bagaimana wujud dan cara pakainya?

Menurut pakar kesehatan di dunia, penggunaan nose sanitizer menjadi penting, lantaran bisa membasmi virus atau partikel lain yang terhirup hidung dan menyebar ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah.

Baca juga: Booster Vaksin COVID-19, Efektif atau Hanya Akal-akalan?

Nose Sanitizer.
Nose Sanitizer.

Menariknya, meski telah mengenakan masker, kita masih dapat menggunakan nose sanitizer berupa semprotan hidung. Nose sanitizer sendiri diklaim mampu meminimalisir risiko penularan virus serta partikel lain yang menyebar melalui udara.

Perusahaan asal Kanada yang bergerak di bidang kesehatan, SaNotize mengembangkan nose sanitizer bernama Enovid. Penangkal virus tersebut telah diuji di laboratorium Inggris dan siap dipasarkan secara global.

Nose sanitizer merupakan alat kesehatan yang digunakan untuk mensterilkan hidung dari berbagai virus atau partikel yang bercampur dengan udara yang kita hirup.

Enovid diklaim bisa mensterilkan hidung dari virus COVID-19 sebesar 95 persen dalam waktu 24 jam dan 99 persen dalam waktu 72 jam.

“Nose sanitizer yang dikembangkan ini sudah terbukti tidak hanya sebagai pencegah virus penyebab COVID-19, tetapi juga membunuh virus COVID-19 ini dengan cepat,” ujar CEO dan pendiri SaNotize, Dr Gilly Regev, PhD, dikutip dari Antara, Senin 10 Januari 2022.

Lebih jauh, dia menjelaskan, membersihkan rongga hidung mampu mematikan virus yang akan masuk ke saluran pernafasan. Mencuci rongga hidung harus dilakukan dengan benar dan sesuai ketentuan kesehatan.