Di Rumah Aja, Perlukah Cuci Muka Secara Teratur?

Kinipaham – Sebagian dari kita mungkin bertanya-tanya: selama di rumah saja, perlukah kita rutin mencuci muka? Sebab, dengan tidak keluar rumah, kulit kita diyakini tak terpapar kotoran, debu, atau polusi udara lainnya.

Namun, ternyata faktanya tak demikian. Meski menghabiskan hari di rumah, kita harus tetap mencuci muka teratur. Paling tidak, dua kali sehari. Fungsinya untuk membersihkan wajah dari kulit mati, keringat, minyak berlebih, dan riasan yang dipakai.

“Kotoran pada wajah tetap dapat ditemukan akibat tangan yang sering menyentuh wajah dan debu yang berada di rumah,” ujar dokter spesialis kulit, Arini Astasari Widodo, dikutip dari Antara, Selasa 23 Maret 2021.

Baca juga: Pilihan Masker di Bawah Rp100 Ribu yang ‘Sakti’ Atasi Masalah Kulit

Dia menambahkan, Cuci wajah juga perlu setelah kita selesai berolahraga di rumah, aktivitas yang digandrungi sebagian orang sekaligus alternatif hidup sehat di tengah pandemi yang membuat ruang gerak terbatas.

Bila diminta untuk menghitung berapa kali sebaiknya setiap orang mencuci wajah, dia menyarankan dua kali sehari. Namun, kita juga diperingatkan, untuk tetap mencuci wajah tiap kali berkeringat atau setelah berolahraga.

Selain itu, dia menyarankan mencari pembersih wajah yang lembut, bisa membersihkan wajah dan reside make up hingga bersih dan tidak membuat kulit jadi kering.

“Setiap orang memiliki masalah kulit dan tipe kulit yang berbeda-beda, sehingga bahan aktif di dalamnya pun dapat dipilih yang sesuai dengan masalah dan tipe kulitnya,” tegasnya.

Untuk orang-orang yang punya keluhan kulit kusam, pigmentasi dan penuaan, carilah sabun yang bisa membersihkan kulit dari polutan dan radikal bebas yang menempel pada wajah.

Selain soal sabun, air yang dipakai untuk mencuci wajah juga tak kalah penting. Pakailah air bersih dengan suhu yang sedang-sedang saja, jangan terlalu panas atau terlalu dingin.

Suhu ruang atau sedikit hangat ideal untuk mencuci wajah. Suhu yang ekstrem tidak disarankan sebab bisa merusak kulit. Sementara air yang terlalu panas bisa melarutkan lemak kulit yang berfungsi menjaga kelembapan.

Bersihkan wajah hingga sabun atau busa benar-benar tidak bersisa. Pastikan air bilasan betul-betul bening dan tidak tersisa sabun, busa, atau kotoran di air bilasan.

Pada beberapa jenis kulit, butuh lebih banyak air untuk membilas yang disebabkan berbagai faktor, seperti rambut wajah lebih banyak, water hardness yang membuat residu tidak dapat dibersihkan dengan baik, dan sabun jadi lebih tidak efektif.

Metode cuci muka juga berpengaruh, apakah di wastafel dengan tangan atau memakai shower. “Mencuci wajah dengan air mengalir akan lebih bersih,” kata dia.

Copy

Advertise