Dear Ladies, Ini Pentingnya Tentukan Body Goal Sebelum Mulai Diet

Kinipaham – Sudah yakin tidak ada kesalahan yang malah bikin diet kamu gagal? Salah satu kesalahan pemula dalam diet, yakni kurang tepat dalam memilih body goal.

Mostly, tubuh ideal yang dipilih tidak sesuai dengan karakteristik tubuh kita, sehingga membuat ekspektasi yang terlalu jauh dan sulit didapatkan. Penetuan body goal termasuk langkah penting dalam melakukan diet.

Menentukan body goal bukan hal sepele, lho! Ketika memilih body goal, kamu akan menentukan hal penting lainnya untuk mendukung usahamu mencapai target. Hal-hal penting tersebut di antaranya:

  • Target akhir

Apakah target akhirmu merupakan bentuk tubuh, atau justru berat badan ideal?

  • Ekspektasi.

Tentukan gambaran body goal seperti apa yang kamu harapkan di masa yang akan datang.

  • Diet program.

Program diet apa yang akhirnya kamu pilih dan mampu ikuti?

  • Panutan.

Penting juga menentukan seseorang yang akan kamu pilih sebagai panutan dalam menjalani diet ataupun program olahraga.

  • Peluang sukses body goal.

Seberapa besar kemungkinan kamu bisa sukses mencapai target diet?

Baca juga: Skincare Rutin Malam ala Taehyung BTS, Dijamin Glowing Kilat

Sebelum kamu berekspektasi terhadap body goal yang terlalu tinggi, harus ada kriteria dalam memilih tubuh ideal yang sesuai dengan diri kamu. Tiga hal yang perlu kamu perhatikan dalam menentukan body goal, yaitu:

Tinggi badan serupa

Pilih body goal dengan tinggi badan serupa atau mendekati tinggi badan kamu, jika perbedaan tinggi sekitar 5cm it’s ok

Kesamaan ras

Body goal seseorang yang akan kamu pilih sebaiknya memiliki kemiripan ras dengan kamu. Hal ini berpengaruh pada struktur tulang, volume otot, distribusi lemak atau genetik lainnya yang dimiliki setiap ras bisa berbeda.

Body goal

Pilih body goal yang jelas informasinya. Nah, hal ini sangat perlu diperhatikan. Sebab, di era media sosial seperti sekarang, banyak kemungkinan foto body goal yang kamu lihat adalah fake, alias palsu.

Foto berupa editan atau seseorang yang kamu lihat itu melakukan diet instan dengan fat transfer atau semacamnya. Sebaiknya, kamu pilih influencer untuk body goal kamu yang jelas informasinya, real dan jujur dengan program diet yang telah ia lakukan.

Mulai sekarang persiapkan program diet kamu dengan benar, tentukan segala aspek yang kamu butuh dengan bijak berdasarkan informasi yang valid dan sesuaikan dengan kondisi tubuhmu. Kesehatanmu lebih prioritas dari semua step diet program kamu. Happy trying! (Hane)

Copy

Advertise