Panas! Data Satelit Australia Ungkap China Bangun 380 Kamp Konsentrasi

The Guardian memberitakan Pencitraan satelit Australia menemukan China telah membuat hampir 400 kamp konsentrasi di Provinsi Xinjiang, China membatah dan menyebut mereka telah menurunkan aktivitas kamp kosentrasinya. Pencitraan satelit Australia juga menemukan ada 14 kamp konsentrasi yang masih dalam pembangunan.

Australian Strategic Policy Institute (ASPI) mengidentifikasi setidaknya ada 380 kamp konsentrasi yang aktif sejak 2017. Kamp konsentrasi yang ditemukan beragam bentuknya, dari tingkat paling rendah berbentuk seperti sekolah hingga kamp konsentrasi berbentuk seperti penjara dengan tingkat keamanan maksimum.

“Bukti baru di database menunjukkan pemerintah China berbohong mengenai penurunan aktivitas kamp konsentrasinya, pembangunan kamp konsentrasi justru meningkat sejak 2019 sampai 2020,” jelas Nathan Ruser, peneliti ASPI.

ASPI menyatakan data pencitraan satelit pada malam hari sangat berguna untuk mencari kamp konsentrasi karena adanya pijar lampu yang mempermudah proses identifikasi hasil gambar dari pencitraan. Informasi penemuan kamp konsentrasi ini dapat diakses oleh publik di Xinjiang Data Project.

ASPI menyebut kebanyakan dari kamp konsentrasi berada di Provinsi Xinjiang. Jaringan kamp konsentrasi di bagian barat China digunakan untuk menahan minoritas Uighurs dan kelompok minoritas Muslim lain.

China Mengelak Adanya Pelanggaran HAM

Meski banyak bukti yang muncul, pemerintah China mengklaim tidak ada pelanggaran HAM di Xinjiang, China. Pejabat tinggi China secara lantang membantah adanya kamp konsentrasi, mereka menyebut kamp konsentrasi ini sebagai pusat pembelajaran yang bertujuan untuk memberikan pendidikan bagi minoritas agar bisa bangkit dari kemiskinan.

Tahun lalu pemerintah China mengatakan penduduknya yang dimasukan ke kamp konsentrasi ini telah “kembali”. Meskipun begitu, pemerintah China tidak memperbolehkan jurnalis, aktivis HAM, atau diplomat dari negara lain untuk masuk ke kamp tersebut.

Para tahanan yang selamat dari kamp konsentrasi banyak yang kabur keluar negeri dan membocorkan dokumen terkait kamp konsentrasi. Pembocoran informasi ini membantu aktivis HAM mengkonfirmasi keberadaan dan lokasi kamp konsentrasi ini.

Copy

Advertise