Cyberpunk 2077 Resmi Ditarik Sony dari Playstation Store, Apa Sebabnya?

Kinipaham – Setelah memantik gelombang protes lantaran sering terjadi bugs atau masalah, Sony Interactive Entertainment atau SIE akhirnya menarik game Cyberpunk 2077 dari PlayStation Store dan menawarkan pengembalian dana penuh bagi siapa pun yang membeli game dari etalase digital tersebut.

Dinukil dari akun Twitter @AskPlayStation, Sabtu 19 Desember 2020, Sony hendak memastikan, seluruh konsumennya merasa puas terhadap game yang belum lama dirilis tersebut. Namun, jika yang terjadi justru sebaliknya, maka pihaknya lekas bertanggung jawab.

“SIE berusaha keras untuk memastikan kepuasan pelanggan tingkat tinggi, dan kami akan mulai menawarkan pengembalian dana penuh untuk semua gamer yang telah membeli Cyberpunk 2077 melalui PlayStation Store dan menginginkan pengembalian dana,” tulis akun tersebut.

Baca juga: Sony Diskon PS4 Besar-besaran, Potongannya Tembus Rp1,5 Juta

Dari laporan The Verge, dikutip dari Antara, Cyberpunk 2077 telah dihapus dari PlayStation Store di PS5. Game tersebut juga tidak muncul dalam penelusuran “Cyberpunk 2077” pada versi web toko.

Dilaporkan pula, pemain menemukan bahwa Cyberpunk 2077, yang baru dirilis selama lebih dari satu pekan, telah dipenuhi bugs. Pada PS5, game tersebut dilaporkan rentan terhadap crash dan mengalami gangguan visual, sementara di PS4, dilaporkan game tersebut memiliki kinerja buruk dengan framerate rendah.

Langkah Sony itu dilakukan hanya beberapa hari setelah pengembang Cyberpunk 2077, CD Projekt Red mengatakan, bahwa orang yang tidak puas dengan pembelian mereka di PS4 atau Xbox One harus meminta pengembalian dana.

Namun, karena kebijakan pengembalian dana Sony yang ketat, banyak orang yang membeli game versi digital dari PlayStation Store tidak bisa mendapatkan pengembalian uang.

Belum diketahui pasti kapan Sony akan mengembalikan Cyberpunk 2077 ke PlayStation Store. Sony mengatakan game tersebut tidak akan tersedia dalam format digitalnya “sampai pemberitahuan lebih lanjut.”

Demikian pula dengan Microsoft, belum diketahui kapan perusahaan terknologi itu berencana untuk mencabut game tersebut dari etalase digitalnya atau menawarkan pengembalian dana penuh.

CD Projekt Red telah berkomitmen untuk merilis pembaruan untuk meningkatkan kualitas Cyberpunk 2077. Perusahaan tersebut juga telah merilis satu pembaruan pasca-peluncuran. Pada akhir pekan lalu, mereka juga mengatakan bakal ada pembaruan lain yang jauh lebih signifikan.

“Ini harus memperbaiki masalah paling menonjol yang dihadapi para gamer di konsol generasi terakhir,” kata mereka.

Copy

Advertise