Cara Mudah Tingkatkan Imun Tubuh Supaya ‘Kebal’ dari Corona

Kinipaham – Indonesia sudah mengkonfirmasi bahwa virus corona atau COVID-19 masuk pada tanggal 1 Maret 2020. Pasien yang terkena virus mematikan itu merupakan ibu yang berumur 64 tahun dan anaknya yang berumur 31 tahun. Kabarnya, penularan itu terjadi, ketika korban berinteraksi dengan WN Jepang yang positif terinfeksi corona.

Dilansir dari antara, NT (31) berinteraksi dengan WN Jepang pada tanggal 14 Februari 2020 dalam acara dansa. Pada 2 hari berikutnya NT menunjukkan gejala batuk dan demam yang kemudia dirawat di RS Mitra Keluarga Depok. Pada tanggal 20 Februari 2020 ibu kandung NT, MD (64) mengalami gejala serupa yang dialami oleh anaknya.

Untuk mencegah corona masuk kedalam tubuh kita, yang dapat kita lakukan adalah memperkuat imun kita atau meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terpapar virus. Sebuah studi menunjukkan, kalau antibiotik tidak dapat melawan virus, maka dari itu kita harus mengkonsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga : Menkes Terawan : Tak Semua Kontak Tubuh Sebabkan Penularan Corona

Dilansir dari Cleaveland Clinic, ada beberapa vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita agar tidak mudah terserang virus, yaitu vitamin C, vitamin D, Vitamin B6 dan Vitamin E.

Vitamin C

Vitamin C atau kerap yang disebut asam askorbat yang sejak dahulu dikenal banyak kegunaan untuk tubuh, termasuk untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan kulit.

Apabila Vitamin C tidak terpenuhi dalam tubuh kita maka sistem imun bisa menjadi lebih lemah dan lamban merespon untuk mencegah patogen. Adapun makanan yang mengandung Vitamin C yaitu buah jeruk, mangga, stoberi dan lainnya.

Vitamin D

Vitamin D telah dikenal akan perannya untuk kesehatan tulang, tetapi studi terbaru bahwa vitamin D juga terlibat dalam sistem imun dalam tubuh kita. Selain dari matahari, sumber Vitamin D dapat ditemukan dalam susu sapi, tuna, salmon, minyak ikan cod, dan kuning telur. Menambah asupan Vitamin D dapat mengurasi resiko terkena virus.

Baca Juga : Perlukah Orang Sehat Pakai Masker untuk Cegah Corona?

Vitamin B6

Vitamin B6 angat penting mendukung reaksi biokimia dalam sistem kekebalan daya tahan tubuh. Asupan makanan yang kaya vitamin B6 adalah ayam dan ikan, seperti salmon dan tuna. Selain itu, vitamin B6 juga dapat ditemukan dalam sayuran hijau seperti buncis.

Vitamin E

Vitamin E merupakan salah satu jenis antioksidan yang kuat dan membantu melawan infeksi. Vitamin E juga berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh terutama ketika terserang virus. Adapun asupan makanan yang kaya akan Vitamin E adalah kacang-kacangan dan biji-bijian merah seperti kacang almond, kacang tanah, biji bunga matahari, alpukat, dan bayam.

Itulah beberapa vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan virus, selain harus meningkatkan imun, kita juga harus rajin mencuci tangan sebelum makan, hindari kontak dari hewan liar dan makan-makanan yang matang.

 

Copy

Advertise