Cara Mudah Deteksi Keaslian Produk Kecantikan ala Tasya Farasya

Kinipaham – Siapa yang tidak mengenal Tasya Farasya? Wanita cantik satu ini merupakan beauty influencer yang sering membagikan tips-tips perihal produk kecantikan melalui akun Instagram dan saluran YouTube pribadinya.

Baru-baru ini, melalui IGstory, Tasya membagikan tips membedakan produk kecantikan asli dan palsu. Hal ini menjadi penting, terutama bagi kalangan yang gemar membelinya di lapak jual-beli online.

Saat kita belanja online, ada dua hal yang kerap dijadikan pertimbangan. Pertama, produk yang ditampilkan dalam gambar, kemudian kumpulan review serta rating yang dituliskan pembeli terdahulu.

Baca juga: Ladies Wajib Tahu, Ini Facial Wash Lokal yang Ampuh Usir Jerawat

Padahal, seorang  Profesor Ilmu Komputer dari Universitas Illinois Chicago, AS, Bing Liu, melalui laporannya menyebut, bahwa “sekitar 30 persen ulasan online untuk produk-produk tertentu adalah palsu”. Hal senada juga diungkapkan followers Instagram Tasya, yang menilai bahwa memang ada beberapa orang yang sengaja dibayar dan bekerja untuk membuat review di toko-toko online.

Itulah mengapa, Tasya Farasya sangat aware terhadap kasus ini dan membagikan tips dan trik bagaimana membedakan review asli dan palsu produk kecantikan, yuk disimak!

Perhatikan pemilihan kalimat dari review

Biasanya untuk review palsu, pemilihan kalimat yang digunakan selalu lebih singkat dan reviewnya terlalu luas karena kemungkinan besar orang-orang yang menulis reviewnya belum pernah memakai produknya.

Contoh kalimatnya bisa seperti: “Bagus banget produk ini!”, “Semenjak pake produk ini kulitku langsung glowing banget!”. Sedangkan untuk review asli, biasanya isi kalimatnya akan lebih detail secara personal karena ada unsur pengalaman memakai produk itu. Contohnya: “Suka banget produk ini, cantik banget warnanya dan pas aku coba pake, bener awet seharian walaupun dipakai makan makanan berminyak”.

Perhatikan gambar yang dilampirkan

Untuk review asli yang menampilkan produk, bisa kita lihat kemasan dan isi kemasan. Bila kemasan terlihat lusuh, dan isinya berkurang berarti review yang diberikan bisa meminimalisir kemungkinan fake review karena terlihat produk memang sudah dipakai.

Perhatikan waktu review

Biasanya untuk review palsu di website atau platform online lainnya akan datang secara bersamaan. Review yang dilakukan jarak waktunya hampir berdekatan. Sedang, jika review itu memang asli, ada jeda meski tak terlalu lama.

Itulah beberapa tips ala Tasya Farasya dalam membedakan review kecantikan palsu atau asli. Sebagai konsumen, kita dituntut pintar dalam memilih produk yang kita beli. Hal itu bisa kita lakukan dengan memerhatikan kemasan produk, harga, masa pakai, hingga keabsahan review di lapak jual-beli daring. (SFN).

Copy

Advertise