Cara Main Game PS5 di PS4

Kinipaham – Sebagian kita mungkin pernah bertanya-tanya, bagaimana cara main game PS5 di PS4? Mengingat, sejak peluncurannya, unit PS5 masih terbilang langka dan sulit sekali ditemukan.

Diketahui, selain keterbatasan stok, kelangkaan chip semikonduktor juga membuat konsol next gen tersebut belum banyak tersedia di toko-toko. Lantas, sekali lagi, bagaimana cara main game PS5 di PS4?

Cara Main Game PS5 di PS4

Dilansir Kinipaham dari CNET, Selasa 22 Maret 2022, pengguna PS4 ternyata bisa main game PS5 di konsolnya. Namun, syarat utamanya, harus punya teman yang sudah punya PS5.

PS5 (Playstation 5).
PS5 (Playstation 5).

Pengalaman bermain game PS5 bisa dirasakan pengguna PlayStation 4 berkat fitur Share Play yang memungkinkan untuk bermain game online lintas perangkat.

Ketika menyalakan fitur SharePlay, pengguna PlayStation 5 bisa memberi akses ke teman yang memakai PS4 untuk melihat layar dan mencoba bermain game secara gratis. Secara virtual, kontrol utama atau kedua bisa diberikan ke pengguna PS4.

Selain membutuhkan teman yang punya PlayStation 5, disitat dari Antara, syarat lain untuk bermain game PS5 di PS4 adalah koneksi internet dan keanggotaan PlayStation Plus untuk tuan rumah.

Cara main game PS5 di PS4.
Cara main game PS5 di PS4.

Kedua pengguna harus berteman di PlayStation Network dan online pada waktu yang sama. Khusus untuk pengguna PS4, perangkat harus menggunakan minimal sistem perangkat lunak 2.0.

Share Play bisa dimulai baik oleh pengguna PS4 maupun PS5. Caranya, buka layar Invite Players dan tambahkan teman yang ingin diajak bermain. Setelah mengikuti petunjuk, kirim undangan dengan mengklik ‘Send Invitation’.

Buka game yang ingin dimainkan kemudian tekan tombol membagikan atau share di kontroler (stick) DualShock 4. Pilih Share Play yang muncul di layar televisi.

Pilih lagi teman yang ingin diajak bermain, saat ini fitur Share Play baru bisa digunakan oleh dua pemain. Setelah teman menerima undangan bermain, tekan lagi tombol membagikan di kontroler.

Pilih ‘Go to Party for Share Play’ di layar televisi, kemudian pilih ‘give controller to visitor’ untuk memberikan kontrol secara virtual ke teman. Jika memilih ‘allow visitor to play as you’, maka pengguna PS4 yang akan bermain game tersebut.

Jika ingin bermain berdua, pilih ‘play a game together’. Pengguna PS5 dan PS4 bisa bermain bersama jika game memiliki mode multipemain.

Satu sesi Share Play ini akan berlangsung selama 1 jam. Jika sesi selesai, pengguna bisa memulai lagi Share Play.

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.