Bukan Pajangan, Ternyata Ini Fungsi Utama Sirip Hiu di Atap Mobil

Kinipaham.com – Jika mengamati bagian atap mobil, biasanya kita menemukan komponen berbentuk sirip hiu yang terpasang tak jauh dari kaca belakang. Kendati secara estetis tampilan kendaraan jadi lebih menawan, namun rupanya peranti bernama shark fin tersebut menyimpan satu fungsi utama yang belum diketahui banyak kalangan.

Disadur dari Coastal Hyundai, Selasa 31 Desember 2019, shark fin sejatinya adalah antena yang berfungsi untuk menangkap sinyal seperti data selular, radio, serta Global Positioning System (GPS). Sinyal tersebut kemudian dikonversikan ke dalam headunit yang tersedia pada ruang kabin kendaraan.

Shark Fin di mobil ternyata ada fungsinya
Shark Fin di mobil ternyata ada fungsinya

Antena shark fin dilengkapi dengan modul dasar berukuran 16mm, yang dirancang sesuai dengan tingkat kelengkungan atap kendaraan.

Baca juga: Belum Banyak yang Tahu, Ini Makna di Balik Logo Apple

Modul tersebut dihubungkan dengan head unit melalui kabel konektor, guna menyalurkan gelombang Satellite Digital Audio Radio Service (SDARS), GPS, Advance Mobile Phone Services (AMPS), dan juga Personal Communication Service (PCS). Berkat keberadaan shark fin, proses penangkapan sinyal tentu menjadi lebih baik.

Berbentuk Sirip Hiu

Sebenarnya, tak ada alasan pasti mengapa komponen penangkap sinyal tersebut dirancang menyerupai sirip hiu. Sebab awalnya, shark fin dibuat melengkung untuk meningkatkan gaya aerodinamika pada kendaraan.

Komponen di dalam shark fin di mobil.
Komponen di dalam shark fin di mobil.

Selain itu, bentuk yang melengkung dan agak runcing di tepiannya juga dinilai lebih sporty dibandingkan bentuk lainnya, seperti kotak ataupun undakan setengah melingkar.

Baca juga: Mengenal Bosozoku, Geng Motor Jepang yang Bikin Gagal Paham

Kendati hampir seluruhnya menyerupai sirip hiu, namun komponen tersebut hadir dalam beberapa ukuran berbeda. Mulai dari yang mungil dan tak begitu runcing, hingga yang agak besar dengan sudut yang melengkung tajam.

Copy

Advertise