Bukan Nokia atau Samsung, Ini Hape Kamera Pertama di Dunia

Kinipaham.com – Saat ini, ponsel bukan hanya menjadi perangkat komunikasi, melainkan juga digunakan untuk hiburan sehari-hari. Itulah mengapa, berbagai fitur dihadirkan, mulai dari multimedia hingga sensor kamera.

Bicara mengenai kamera di ponsel, perkembangannya memang sedemikian cepat. Bahkan kini, banyak pabrikan teknologi yang menghadirkan produk smartphone dengan kualitas kamera setara DSLR.

Kamera ponsel beresolusi tinggi.
Kamera ponsel beresolusi tinggi.

Namun, meski keberadaan kamera di ponsel kini menjadi hal biasa, masih banyak yang belum menyadari sejarah di baliknya. Terutama, soal merek apa yang pertama kali menanamkan sensor jepret itu di perangkatnya?

Dikutip dari berbagai sumber, Sabtu 4 Januari 2020, sebenarnya ada sejumlah klaim tentang vendor teknologi pertama yang merilis ponsel berkamera. Salah satunya Samsung, yang disebut-sebut sebagai pelopor yang memulai semuanya.

Baca juga: Mengenang Nokia N-Gage, Hape Gaming Paling Keren di Masanya

Produk yang diklaim sebagai ponsel berkamera pertama adalah seri Samsung SCH-V200 yang memiliki modul kamera yang terpasang di bodi bagian belakang. Namun, anggapan itu perlahan ditinggalkan, sebab sebagian orang mempercayai Sharp J-SH04 sebagai ponsel pertama yang bisa digunakan untuk mengabadikan gambar.

Sharp J-SH04.
Sharp J-SH04.

Lantas, siapa sebenarnya yang memulai semua ini? Berdasarkan penelusuran laman Gizmochina, pabrikan pertama yang memegang paten sebagai pembuat hape berkamera pertama di dunia bukan Samsung ataupun Sharp. Bukan juga Nokia maupun Sony. Melainkan, merek nonpopuler bernama Kyocera.

Perangkat yang dimaksud adalah VP-210 Visual Phone yang merupakan ponsel pertama dengan teknologi kamera. Lensa pada Kyocera VP-210 berada di bagian depan, suatu hal yang masih sangat baru waktu itu. Kyocera VP-210 bahkan merupakan leluhur dari smartphone selfie.

Ponsel berkamera pertama di dunia bernama Kyocera.

Ponsel berkamera pertama ini dirilis di Jepang pada 1999. Laporan yang sama menyebut, Kyocera V-210 hadir dengan layar TFT sebesar 2 inci. Perangkat ini memiliki kamera 110.000 piksel alias 0,11MP. Kendati sangat kecil, namun di masa itu sudah terbilang mengagumkan.

Baca juga: Keren Tak Harus Mahal, Ini Hape Android Sejutaan yang Layak Dilirik

Kala itu, ketika keberadaan fitur tersebut memang masih terbatas, Kyocera membanderol V-21o seharga US$335 atau setara Rp4,8 jutaan. Kalau sekarang, dengan ongkos yang sama, kira-kira sudah bisa beli hape secanggih apa, ya? (SFN)

Copy

Advertise