Bukan Berarti Menangis, Ini Lho Penyebab Mata Berair

Kinipaham – Pernahkah kalian menyadari bahwa ketika menguap saat mengantuk, tertawa terbahah-bahak, terlalu lama di depan laptop atau smartphone membuat mata kita mengeluarkan air. Fungsi air mata sendiri untuk melindungi permukaan mata, maka ketika kamu kelilipan suka mengeluarkan cairan.

Hal itu bukan berarti kita sedang merasa sedih. Sebab ada beberapa faktor lain yang menyebabkan mata kita berair. Apa saja? Yuk disimak rangkuman kami yang dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga : Mengapa Tubuh Manusia Berkeringat saat Santap Makanan Pedas?

Mata Kering

Pasti terdengar aneh, kok mata kering penyebab mata berair? Yap, karena mata kering inilah yang merangsang produksi air mata menjadi berlebihan sehingga membuat mata berair. Respon otak memerintahkan kelenjar air mata untuk memproduksi air mata secara belebihan karena untuk melindungi mata.

Alergi

Sudah menjadi hal umum apabila alergi membuat mata kita menjadi berair. Biasanya disebabkan oleh debu, bulu hewan, serbuk bunga bahkan ada pada makanan tertentu. Reaksi mata terhadap alergi akan membuat mata menjadi merah sehingga memproduksi air mata secara berlebihan.

Infeksi

Infeksi mata ini seperti Konjungtivitis (mata merah). Konjungtivitis sendiri merupakan peradangan pada selaput mata sehinga menyebabkan mata merah dan berair. Ini merupakan reaksi alami dari imun kita untuk menyerang bakteri, kuman atau virus yang meyebabkan infeksi tersebut.

Kornea Mata Bermasalah

Penyebab kornea mata bermasalah adalah partikel debu atau goresan yang membuat mata kamu berair. Kornea itu sendiri adalah lapisan bening terluar yang berfungsi untuk mencegah kuman, kotoran atau apapun masuk ke mata.

Masalah pada Kelopak Mata

Masalah pada kelopak mata, seperti ektopion atau entropion dapat menyebabkan mata berair. Entropion adalah kondisi kulit kelopak mata yang terbalik/terlipat ke arah dalam mata sehingga menyebabkan bulu mata menggesek bola mata.

Sedangkan ektropion adalah suatu keadaan di mana kelopak mata membalik ke arah luar sehingga tepinya tidak menyentuh bola mata.

Nah, sekarang sudah tahu kan penyebab mata berair. Selain dari menguap karena ngantuk, tertawa terbahak-bahak, dan juga terlalu lama di depan laptop/smartphone ternyata ada hal lain yang dapat membuat mata kita mengeluarkan air mata secara berlebihan.

Copy

Advertise