Biografi Stanley Kubrick, Sutradara Jenius yang Lahirkan Film-film Ikonik

Kinipaham – Ketenarannya di industri film dunia, membuat banyak orang mencari biografi Stanley Kubrick. Itulah mengapa, pada kesempatan ini, kami akan menyampaikan uraian singkat mengenai salah satu sutradara paling berpengaruh di dunia tersebut.

Stanley Kubrick merupakan sosok berkebangsaan Amerika Serikat yang lahir pada 26 Juli 1928 dan meninggal dunia 71 tahun setelahnya. Selama menjadi sutradara, dia telah menghasilkan sejumlah film yang menjadi rujukan di era modern.

Biar tak penasaran, yuk simak biografi Stanley Kubrick yang telah Kinipaham rangkum dari berbagai sumber!

Biografi Stanley Kubrick

Stanley Kubrick merupakan putra Jacques Kubrick yang berprofesi sebagai dokter dan fotografer. Kenyataan tersebut membuat Stanley menyukai kamera sejak kecil dan melakukan sejumlah eksperimen bersama ayahnya.

Pada 1946 hingga 1951, Stanley Kubrick pernah menjadi fotografer profesional di majalah Look. Pengalaman itu yang kemudian membentuknya menjadi manusia yang pandai membingkai cerita dan fenomena.

Biografi Stanley Kubrick,
Biografi Stanley Kubrick,

Saat masih bekerja sebagai fotografer di majalah Look, dia mulai tertarik menggarap filmnya sendiri. Kala itu, dia membuat video singkat berdurasi 16 menit yang diberi nama ‘Day of the Fight’. Kisahnya tentang pertandingan tinju antara Walter Cartier dan Bobby James.

Setelah film itu, Kubrick keluar dari pekerjaannya di majalah Look dan membuat film dokumentasi berikutnya yang berjudul The Flying Padre mengenai pendeta di daerah pedesaan di New Mexico. Berikutnya, dia mulai membuat film-film panjang dengan tema fiksi.

Produser bernama James B. Harris yang terkesan akan kemampuan Kubrick kemudian menawarkan untuk membiayai film-filmnya. Mereka membentuk Harris-Kubrick Productions dan mulai mencari material yang bagus untuk difilmkan.

Harris membeli hak untuk mengadaptasi novel Clean Break karya Lionel White yang menceritakan tentang perampokan sebuah track balap kuda. Film ini berjudul The Killing dan dibintangi Sterling Hayden.

Biografi Stanley Kubrick,
Biografi Stanley Kubrick,

Tak lama setelahnya, dunia mulai mengenal Stanley Kubrick sebagai salah satu sutradara besar di dunia. Bahkan, namanya makin meledak setelah menggarap Spartacus pada 1960 silam.

Gaya Film Stanley Kubrick

Sebagian kita mungkin sepakat, gaya atau style film Stanley Kubrick terkesan baru di zamannya. Sebab, dia kerap memilih tema-tema tak biasa yang kadang diekspresikan sebagai ironi pesimis.

Sebagian film Kubrick bahkan mengandung nilai kontroversi yang tinggi. Itulah mengapa, penayangannya kadang dihelat secara terbatas dan hampir mustahil muncul di saluran TV swasta Indonesia.

Stanley Kubrick.

Kubrick juga sangat memperhatikan detil kecil di setiap filmnya. Biasanya dekat dengan elemen surealis, dan ekspresionis. Beberapa di antaranya justru diekpresikan sebagai ironi pesimis.

Bukan hanya itu, violent juga menjadi salah satu nilai tambah di sejumlah film Kubrick. Karya-karyanya dianggap sebagai karya orisinil, provokatif, dan punya visi yang hebat.

Film Terbaik Stanley Kubrick

Stanley Kubrick merupakan sutradara yang gemar mengeksporasi diri. Itulah mengapa, film-film buatannya tak hanya mengacu pada satu tema saja, melainkan banyak. Satu waktu dia membuat film antariksa, namun di lain waktu dia menggarap fim bertemakan kerajaan Eropa.

The Shining.
The Shining.

Biar tak penasaran, berikut film terbaik Stanley Kubrick yang patut disaksikan minimal sekali seumur hidup.

  • The Killing (1956)
  • Paths of Glory (1957)
  • Spartacus (1960)
  • Lolita (1962)
  • Dr. Strangelove (1964)
  • 2001: A Space Odyssey (1968)
  • A Clockwork Orange (1971)
  • The Shining (1980)
  • Full Metal Jacket (1987)
  • Eyes Wide Shut (1999).

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.