Bill Gates: Kita Belum Setengah Jalan Hadapi Covid-19

Kinipaham – Sebelum virus corona atau Covid-19 menghantam dunia, pendiri Microsoft, Bill Gates berkali-kali mengingatkan para petinggi negara untuk bersiap-siap menghadapi kemungkinan datangnya virus.

Dalam wawancara dengan CNBC, Gates menyebutkan bahwa pandemi di era modern seperti ini bagaikan mimpi buruk, “semuanya akan membutuhkan waktu yang lama untuk kembali normal.”

“Saya berharap bisa mengatakan bahwa kita sudah setengah jalan, tetapi saya yakin perjalanan menghadapi pandemik ini masih panjang,” tambahnya.

Bill Gates mengatakan, pandemi ini masih akan terus mengancam dunia akibat belum adanya vaksin yang bisa mencegahnya. Namun ia yakin, ketersediaan vaksin bakal tewujud dalam waktu dekat.

“Biasanya pengembangan vaksin memerlukan waktu lebih dari lima tahun karena banyak tahapan-tahapan yang harus dilewati,” utas bilioner berusia 64 tahun itu.

Baca juga: Ironi di Tengah Pandemi: Penjual Peti Mati Terima Lebih Banyak Pesanan

Bill Gates menambahkan vaksin Covid-19 bisa saja hadir lebih cepat dengan rentang waktu antara 18 sampai 24 bulan ke depan, “peneliti terbaik kita bekerja sangat keras untuk menemukan vaksin Covid-19. Bahkan dalam beberapa minggu terakhir saya mellihat adanya perkembangan positif terhadap vaksin yang sedang dikembangkan.”

Dalam blog pribadinya, Gates menulis bahwa dalam perkembangannya ia memproyeksikan vaksin Covid-19 bisa didapatkan dan didistribusikan pada pertengahan 2021.

Sampai saat ini, Bill dan Melinda Gates Foundation telah menyumbangkan US$250 juta untuk membantu pengembangan vaksin Covid-19.

Baca juga: Strategi Baru Italia Lawan Corona, Pakai Aplikasi Pelacak Mutakhir

Sebelumnya Bill Gates secara lantang mengkritik pemerintah Amerika Serikat yang dinilai lambat dalam menangani pandemi Covid-19. Ia juga mengatakan keputusan pengurangan anggaran yang dilakukan Donald Trump merupakan keputusan yang gegabah dan keliru.

Copy

Advertise