Bikin Penasaran, Mengapa di Jepang Tak Banyak Kendaraan?

Kinipaham.com – Negara Jepang atau juga dikenal sebagai Negeri Sakura adalah salah satu dari beberapa negara maju di dunia. Negara Jepang dikenal dengan penemuan-penemuan yang unik dan aneh tetapi Negeri Sakura ini juga dikenal sebagai Negara dengan industri otomotif terbesar.

Sebagai Negara industri otomotif terbesar di dunia, malah masyarakatnya jarang memakai kendaraan pribadi seperti mobil atau motor untuk melakukan aktifitas setiap harinya. Faktanya, mayoritas masyarakat Jepang lebih memilih menggunakan transportasi umum seperti kereta ataupun bis.

Mungkin kalian bertanya-tanya, apa sih yang menyebabkan masyarakat Jepang lebih memilih transportasi umum dibandingkan dengan pribadi? Simak yuk penjelasannya di bawah!

Baca Juga : Bukan Imajinasi, Sebentar Lagi Taksi Terbang Bakal Beredar di Jalanan

japan-guide.com

Pajak Kendaraan yang Mahal

accessj.com

Sudah menjadi hal umum jika pajak kendaraan di Indonesia masih terbilang murah dan kredit mobil dipermudah oleh pihak yang menyediakan sehingga volume kendaraan mobil dan motor di Indonesia sangatlah padat.

Berbanding terbalik dengan Negeri Sakura ini, membayar pajak kendaraan di Jepang sangatlah mahal sekitar 500.000 Yen. Selain pajaknya yang mahal, ketika kendaraan sudah 5 tahun lebih maka akan dikenakan pajak progresif.

Harga Onderdil, Bensin, dan Parkir yang Juga Mahal

medium.com

Selain pajak kendaraannya yang sangat mahal, harga onderdil , Bensin, Parkir juga mahal. Dilansir dari japanesestasion.com, harga bensin di jepang untuk 1 liternya bisa mencapai 250-350 yen (25.000 – 35.000 rupiah) per liternya.

Sedangkan untuk biaya parkir selama 1 jam yang harus kalian bayar di jepang adalah sekitar 100 – 500 yen untuk 30 menit pertama dan ada juga yang menyediakan parkiran selama 24 jam dari 3600 – 6000 yen, jumlah yang kira-kira  bisa untuk membeli makanan mewah selama kalian di Jepang. Selain biaya parkir yang mahal, mencari lahan parkir di Jepang sangatlah susah.

Transportasi Umum Lebih Murah

livejapan.com

Selain masyarakat Jepang yang lebih suka jalan kaki dan naik sepeda, masyarakat Jepang juga lebih memilih transportasi umum seperti kereta dan bis.

Selain biayanya yang murah, pedestarian (trotoar) di Jepang sangat mendukung untuk berjalan kaki dari stasiun terdekat untuk mencapai tujuan mereka dan tempat transportasi umum di Jepang sangatlah mudah dijumpai karena memang sudah terjamah di berbagai spot kota.

Baca Juga : Belum Banyak yang Tahu, Ini Lho Hape Android Pertama Di Dunia

Itulah beberapa alasan kenapa masyarakat Jepang lebih memilih menggunakan transportasi publik, Selain harganya murah, transportasi umum di Jepang sangatlah mudah dijangkau dan sangat nyaman.

Copy

Advertise