Bikin Honda Gerah, Yamaha Mau Luncurkan MX King Bermesin R15

Kinipaham – Perusahaan roda dua asal Jepang, Yamaha dikabarkan tengah menyiapkan produk baru untuk diluncurkan dalam waktu dekat. Berdasarkan beberapa pemberitaan, motor tersebut merupakan MX King anyar dan bakal memulai debutnya di Vietnam.

Dilansir dari 100KPJ, Kamis 4 Juni 2020, motor itu mengalami banyak ubahan dibanding versi terdahulu, yakni di bagian tampilan, fitur, serta mesin yang jauh lebih bertenaga.

Baca juga: Kisah Stanley Mayer, Penemu Mesin Berbahan Bakar Air yang Tewas Dibunuh

Melalui gambar yang beredar, kuda besi yang di Vietnam bernama Exciter RC itu mendapat ubahan di banyak sisi. Pembaruan tersebut nampak pada headlamp yang dirancang menyipit dengan pemanis berupa windscreen minimalis. Sedang lampu belakangnya menganut model diamond cut ala Yamaha R15 terbaru.

Menariknya, meski berasal dari segmen bebek, pabrikan berlogo garpu tala itu menyemati motor tersebut dengan berbagai fitur kekinian. Misalnya seperti teknologi keyless serta power outlet 12 volt yang bisa difungsikan untuk mengisi daya ponsel.

Hal itu agaknya menjadi sinyal keseriusan Yamaha mengembangkan jenis motor yang belakangan mulai ditinggali konsumen.

Selain itu, kabarnya MX King terbaru bakal dibekali mesin 155cc berteknologi Variable Valve Actuation atau VVA. Jika mengacu pada hal tersebut, tandanya motor itu punya jantung mekanis yang serupa dengan R15 atau MT-15. Namun sayangnya, belum ada bocoran mengenai tenaga serta kecepatan maksimum yang bisa dihasilkan.

Siap Tantang Honda Supra GTR

Saat MX King atau Exciter terbaru sudah meluncur, kehadirannya ditujukan untuk menantang dominasi Supra GTR atau Winner X di segmen tersebut. Sebab seperti yang kita ketahui, di Vietnam, motor bebek merupakan salah satu jenis tunggangan yang paling banyak digandrungi konsumen.

Bahkan, Yamaha tergolong sering melakukan penyegaran terhadap Exciter di negara beribu kota Hanoi tersebut. Kendati demikian, setelah Vietnam, ada kabar yang menyebut bahwa motor baru itu berpotensi dijual juga di negara ASEAN lainnya, seperti Malaysia, Thailand, dan bahkan Indonesia.

Jika memang betul MX King terbaru bakal pakai mesin 155cc VVA, maka bersiap-siap harganya melonjak naik. Sekadar diketahui, di Indonesia, saat ini motor tersebut dipasarkan senilai Rp24,07 juta, on the road Jakarta.

Copy

Advertise