Biar Enggak Nyesel, Ini Cara Ampuh Berhenti Merokok

Kinipaham – Sebagian kita—terutama yang sudah terlanjur kecanduan—mungkin kerap bertanya-tanya, bagaimana cara ampuh dan mudah berhenti merokok? Sebab, mereka yang kadung mencoba, biasanya sulit menyudahinya.

Spesialis penyakit dalam dari Universitas Gadjah Mada, dr. Pandang Tedi Adriyanto mengatakan, sebenarnya ada sejumlah cara ampuh supaya seseorang tak lagi ketergantungan terhadap rokok. Namun, kata dia, hal tersebut juga harus diikuti komitmen yang kuat.

“Berhenti merokok memang tidak mudah dan instan karena dibutuhkan komitmen dan tekad yang kuat,” ujar Pandang, dikutip dari Antara, Senin 7 Juni 2021.

Baca juga: Diabetes Bisa Picu Kebutaan, Lakukan Ini untuk Pencegahan

Cara pertama, kata dia, ialah pandai-pandai mengelola stres. Sebab, itu menjadi salah satu alasan mengapa orang memilih merokok. Mereka berpikir, dengan merokok, kondisi mereka menjadi lebih rileks dan tenang.

Maka, saran Pandang, carilah cara lain untuk meredakan ketagangan, misalnya seperti mendengarkan musik, pijat, atau yoga. “Di awal masa percobaan untuk berhenti, sebisa mungkin hindari situasi yang mendatangkan stres,” tegasnya.

Lebih jauh, dia mengatakan, lingkungan juga menjadi alasan utama mengapa seseorang sulit berhenti merokok. Sebab, berkumpul dengan sesama perokok membuat seseorang tergoda melakukan hal serupa.

Itulah mengapa, dia menyarankan terapi penggantian nikotin, yakni ‘mengganjal’ mulut dengan makanan hisap lain sebagai pengganti rokok. Lantas, bagaimana cara kerjanya?

Terapi Pengganti Nikotin

Menurut Pandang, terhentinya asupan nikotin umumnya membuat seorang perokok merasa frustrasi sehingga sering membuat mereka gagal berhenti merokok. Terapi penggantian nikotin dapat membantu meringankan rasa frustrasi atau gejala putus obat tersebut.

Terapi penggantian nikotin sebagai salah satu cara berhenti merokok bekerja dengan melepaskan nikotin dalam kadar rendah secara terus-menerus ke pembuluh darah. Unsur nikotin yang digunakan tidak mengandung tar, karbon monoksida, dan bahan kimia berbahaya lain seperti yang terdapat di dalam rokok.

“Prosedur ini membantu mengurangi hasrat tubuh untuk kembali merokok saat tubuh mulai merasakan hilangnya asupan nikotin,” tuturnya.

Media terapi penggantian nikotin beragam, seperti permen karet, plester yang ditempelkan pada kulit, atau tablet, atau bisa dengan cara disemprotkan ke mulut atau hidung.

Cara Lain Berhenti Merokok

Selain yang telah disebutkan tadi, konseling juga bisa jadi upaya berhenti merokok agar seseorang bisa fokus pada strategi berhenti merokok. Terapi ini melibatkan konselor dalam sesi psikoterapi, bisa juga dalam sesi per kelompok.

“Untuk memaksimalkan keberhasilan, terapi ini dapat dipadukan dengan terapi penggantian nikotin dan atau obat-obatan. Terapi perilaku ini tidak hanya dapat dilakukan sebagai cara berhenti merokok, namun juga untuk membantu mengatasi masalah kesehatan mental dan perilaku seperti stres atau depresi.”

“Bergabung ke dalam klub kebugaran yang berisi orang-orang yang hidup sehat juga dapat banyak membantu,” kata Pandang.

Copy

Advertise