Biar Enggak Lupa, Ini 3 Makanan yang Bikin Rambut Cepat Rontok

Kinipaham.com – Tubuh manusia membutuhkan nutrisi dari makanan agar kesehatannya tetap terjaga. Namun demikian, tidak semua jenis makanan bisa diterima baik oleh tubuh. Salah satu dampak yang diakibatkan dari pola makan tidak baik, ialah kerontokan pada rambut.

Sebagian orang belum mengetahui, bahwa rambut rontok bisa diakibatkan asupan makanan yang salah atau tidak sehat. Artinya, jika mengalami kerontokan pada rambut, jangan dulu menyalahkan usia, atau penggunaan sampo yang tidak cocok, sebab makanan juga bisa menjadi pemicu utamanya. Lantas, apa saja? Berikut kami rangkum hasil kutipan dari berbagai sumber.

Makanan Cepat Saji

Mengkonsumsi makanan cepat saji sering dijadikan pilihan bagi mereka yang tinggal sendirian di rumah, dan tak memiliki kemampuan untuk memasak. Namun, jika hal itu sering dilakukan, tentu tak baik untuk kesehatan. Sebab, kandungan lemak jenuh di dalam makanan cepat saji bisa mengganggu proses pertumbuhan rambut.

Baca juga: Coba Makan 6 Buah Ini, Dijamin Dietmu Bakal Sukses!

Kandungan tersebut bisa membuat pori-pori di kulit tersumbat, termasuk pada kulit kepala. Hal inilah yang akhirnya bisa menyebabkan rambut rontok.

Makanan Tinggi Protein Hewani

Sebenarnya, protein yang terkandung pada daging menjadi salah satu zat penting bagi kesehatan rambut. Sebab, nutrisi di dalam daging bisa memperkokoh dan menebalkan rambut. Namun, untuk mendapatkan nutrisi secara utuh, perlu memperhatikan jumlah asupannya.

Ikan yang Mengandung Merkuri

Bukan menjadi rahasia umum jika ikan mengandung segudang manfaat bagi tubuh. Pasalnya, di dalam ikan terdapat kandungan asam lemak omega-3 yang menyimpan banyak sekali khasiat. Namun, manfaat ikan bisa berkurang atau bahkan menghilang apabila di dalamnya terkandung merkuri.

Baca juga: Tangan Belang karena Sering Motoran, Cukup 30 Menit Mengatasinya

Kandungan merkuri pada tubuh ikan bisa menyebabkan rambut rontok. Hal ini dikarenakan merkuri akan menjadi methylmercuri yang beracun bagi tubuh. Sedang jenis ikan yang kerap mengandung merkuri adalah makarel dan juga tuna. Sementara ikan yang rendah merkuri adalah salmon. (SFN)

Copy

Advertise