Benarkah Sperma Menggumpal Tanda Gangguan Kesuburan?

Kinipaham – Sebagian dari kamu mungkin bertanya-tanya: apakah saat sperma menggumpal, itu pertanda gangguan kesuburan?

Sebenarnya, kasus keluarnya sperma pada saat ejakulasi pada pria berbeda-beda. Ada yang sedikit encer, ada yang kental dan bahkan ada yang menggumpal. Nah inilah yang ditakutkan para kaum Adam dan akan kita bahas permasalahanya.

Baca juga: Haid Telat tapi Tak Ada Tanda Hamil, Apa Sebabnya?

Mengapa pria perlu tahu? Sebab, masih banyak yang salah kaprah mengenai kebenarannya. Yuk, simak artikelnya hingga selesai!

Sperma menggumpal seperti jeli tanda tidak subur?

Sebenarnya, sperma yang keluar seperti jeli tidak masalah. Asalkan, tidak disertai dengan gejala lainnya, seperti nyeri pada bagian padang penis atau kepala penis.

Sperma yang sehat memiliki ciri berwarna putih pekat atau putih keabuan dan memiliki bau klorin atau aroma manis, ini disebakan oleh fruktosa atau gula yang ada dalam sperma.

Penyebab sperma menggumpal

Penyebabnya banyak sekali, untuk kamu yang merasa baru pertama kali ini mengeluarkan sperma kentaL, mungkin beberapa hal di bawah ini merupakan penyebabnya:

Dehidrasi

Mungkin kamu perlu tahu, bahwa komponen utama dari sperma adalah  air, sehingga ketika kamu dehidrasi sperma akan kekurangan bahan utamanya, sehingga membuat sperma menjadi mengental. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa minum banyak air. Dengan meminum air secara teratur kamu akan dapat menyeimbangkan kelembahan atau pH tubuh.

Hormon sedang tidak seimbang

Hormon yang tidak seimbang akan membuat konsistensi dan bentuk sperma berubah, perubahan hormon juga bisa disebakan oleh sejumlah hal, mulai dari gaya hidup yang tak sehat, terjangkit penyakit tertentu sampai dengan faktor usia.

Nah, untuk menangani hal ini, kamu mesti menjalankan pola hidup sehat sehingga hormon tubuh yang membentuk sperma bisa menjadi seimbang kembali.

Infeksi

Kemungkinan terakhir adalah karena adanya infeksi, terutama infeksi bakteri. Infeksi ini akan membuat produk sel darah putih meningkat, resiko yang terjadi karena sel darah putih yang meningkat ini adalah menurunnya kemampun tubuh untuk memproduksi semen.

SPERMA
SPERMA

Naiknya jumlah sel darah putih juga akan membuat bentuk sperma berubah menjadi menggumpal, pada infeksi ini mungkin kamu juga akan mengalami beberapa gejala lain, seperti nyeri atau rasa terbakar saat buang air kecil, urine berdarah dan beberapa hal lainnya.

Jadi sudah terjawab ya, bahwa sperma yang mengental itu bukanlah gangguan kesuburan dan masih bisa untuk ditangani. Namun, jika kamu merasa gejala yang kamu alami lebih berat, mungkin kamu harus berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Cara mendapatkan sperma yang sehat

Sekali lagi, bahwa sperma yang menggumpal tidak selalu menandakan adanya penyakit. Tapi kamu juga mesti memperhatikan kembali bahwa sperma yang kamu keluarkan merupakan sperma yang sehat, agar kemungkinan pasanganmu hamil akan semakin besar terjadi.

Lalu bagaimana cara agar mendapatkan sperma yang sehat? Kamu bisa menjalankan beberapa tips di bawah ini.

  • Mengonsumsi makanan sehat
  • Menjaga berat badan ideal
  • Mencegah infeksi menular seksual
  • Berolahraga secara teratur
  • Mengurangi stres. (Hamzah)
Copy

Advertise