Makanan Jepang yang Sehat tapi Jarang Diketahui

Kinipaham.com – Buat kalian pecinta makanan Jepang, apakah kalian sadar bahwa di antara makanan yang kalian makan merupakan salah satu makanan sehat yang sering dikonsumsi oleh orang Jepang asli? Daripada penasaran, yuk kita bahas.

Sashimi

Hayoo, siapa yang suka sering makan sashimi? Kalian sudah mengetahuinya belum kalau jenis makanan ini termasuk makanan sehat yang juga sering dikonsumsi oleh orang Jepang asli? Kata “Sashimi” digunakan untuk mengartikan makanan apapun yang diiris dalam kondisi yang paling segar, terutama ikan. Apapun ikan yang Anda pilih, Anda dijamin untuk mendapatkan protein dan nutrisi yang sangat besar dengan sesedikit mungkin lemak.

Nigiri Sushi

 

Nah, kalau yang pecinta sushi makanan ini pasti tidak asing. Nigiri sushi merupakan irisan ikan mentah yang menutupi gumpalan nasi yang dibuat dengan ukuran yang mudah dimakan. Agar tidak terlepas dari nasinya, nigiri sushi ini diikat dengan potongan-potongan rumput laut. Terkadang di beberapa restoran sushi, sang koki mengganti nasi putih dengan beras merah, yang tentu saja kaya akan serat dan nutrisi.

Nori/Rumput Laut

Siapa sih yang tidak suka nori atau rumput laut? Rumput laut kaya akan mineral, seperti yodium, seng, magnesium, kalsium, kalium, dan puluhan mineral lainnya yang kita butuhkan untuk sistem kekebalan tubuh. Rumput laut juga sebagai antioksidan dan baik untuk kesehatan jantung. Rumput laut pun dinilai lebih banyak mengandung mineral dibanding sayuran yang tumbuh di atas tanah. Bahkan di Supermarket sudah banyak diperjualbelikan.

Sup Miso

Miso terbuat dari kedelai yang difermentasi dan merupakan bumbu yang sangat umum dikonsumsi di Jepang. Miso dapat menyembunyikan bau amis ikan atau daging dan memberikan rasa yang lebih enak pada makanan.

Natto

Nahhh, mungkin nama makanan ini masih terbilang asing bagi sebagian pecinta makanan jepang bahkan jarang ada di Restoran Jepang di Indonesia. Natto adalah kacang kedelai fermentasi yang lengket, yang disajikan dengan soy sauce, mustard karashi dan irisan bawang hijau. Walau natto emiliki bau menyengat dan tidak terlihat menggiurkan, tapi akan memberi efek positif pada kesehatan.

Jadi, itulah beberapa makanan Jepang yang sehat tapi jarang diketahui banyak orang, terutama natto! (HA)

Copy

Advertise