Bahaya Pakai Sepatu Tidak Sesuai Ukuran Kaki

Kinipaham – Meski sudah menjadi fakta umum, namun belum banyak pihak mengetahui bahaya pakai sepatu tidak sesuai ukuran kaki. Bahkan, tak jarang, sang pemilik tetap memaksakan diri mengenakannya, meski rasanya sama sekali tak nyaman.

Lantas, apa sebenarnya bahaya pakai sepatu tidak sesuai ukuran kaki? Benarkah bisa memicu cedera seperti yang kerap disampaikan pakar kesehatan? Biar tak penasaran, yuk simak artikelnya hingga selesai.

Bahaya Pakai Sepatu Tidak Sesuai Ukuran Kaki

Marketing Manager PT Asics Indonesia, Fajar Nugraha mengatakan, sebelum membeli sepatu untuk berjalan atau bahkan berlari, pembeli harus bisa memastikan, ukurannya sudah benar-benar tepat. Selain itu, pastikan juga nyaman dipakai untuk penggunaan jangka panjang.

Sebab, jika tidak, Fajar menambahkan, bukan mustahil kaki mengalami cedera.

“ASICS Indonesia memiliki misi untuk mengajak masyarakat bergerak dan berolahraga demi kesehatan tubuh dan mental. Pemilihan sepatu yang tepat menjadi penting agar olahraga dapat berkelanjutan sekaligus mencegah cedera,” ujar Fajar, dikutip Kinipaham, Jumat 29 April 2022.

Bahaya Pakai Sepatu Tidak Sesuai Ukuran Kaki. Foto: Asics.
Bahaya Pakai Sepatu Tidak Sesuai Ukuran Kaki. Foto: Asics.

Pemilihan sepatu yang tepat, menurut Fajar, juga membantu meningkatkan performa penggunanya. Salah satu layanan yang diberikan oleh ASICS di gerai-gerainya adalah dengan menggunakan ‘3D Foot ID Scanner’ dan ‘Running Analyzer’.

Seperti namanya, alat ‘3D Foot ID Scanner’ berguna untuk memindai panjang kaki, pronasi (bentuk telapak kaki ketika menyentuh tanah), lebar tumit, ketinggian punggung kaki, lebar telapak, sudut tumit dan lainnya.

“Dengan menggunakan ‘sport science’ seperti ini maka masyarakat dapat memilih sepatu yang sesuai dengan karakteristik kakinya,” ungkap Fajar.

Sepatu yang Tak Nyaman Bisa Pengaruhi Mood

Pemilik gerai sepatu bekas @katsepokat, Septian Farhan Nurhuda mengatakan, selain model, kenyaman merupakan faktor yang harus dipertimbangkan sebelum membeli sepatu.

Sebab, menurutnya, sepatu yang tak nyaman digunakan bisa mengganggu mood penggunanya.

“Biasanya, ada orang yang maksa tetep pakai sepatu tertentu meski sebenarnya tak nyaman. Alasannya, karena sudah terlanjur beli. Tapi, menurut saya, memaksakan diri pakai sepatu tak nyaman itu kurang baik. Soalnya, bisa mengganggu mood kita selama menggunakannya,” kata Farhan.

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.