Panas! Orang Asia Tuduh Orang Asing Sebarkan Covid-19

Kinipaham – Lembaga Palang Merah Dunia dan Bulan Sabit Merah Internasional pada Kamis, 17 September 2020 memperingatkan bahwa Covid-19 melambungkan tingkat diskriminasi terhadap imigran dan orang asing di Asia.

Kedua lembaga internasional itu melakukan survey kepada 5000 orang di Indonesia, Malaysia, Myanmar, dan Pakistan. Survey ini menunjukan hampir setengah dari koresponden mengatakan kelompok masyarakat tertentu yang menyebarkan Covid-19. Tidak sedikit dari koresponden yang menyebut warga Cina, imigran, dan orang asing.

“Hal ini mengkhawatirkan bila pekerja asing dan warga negara asing disalahkan untuk penyebaran Covid-19,” kata Dr Viviane Fluck, salah satu pemimpin riset ini.

Baca juga: Tips Hidup Sehat dengan Cara Menyenangkan, Emang Bisa?

Lebih dari setengah warga Indonesia yang disurvey menyalahkan orang asing dan pelanggar PSBB, warga Myanmar menuduh orang yang paling bertanggung jawab dari penyebaran virus ini adalah orang dari Cina dan orang asing, dan warga Malaysia yang mengikuti survey menyalahkan orang asing.

Pihak berwajib Malaysia menahan ratusan imigran gelap pada Mei 2020. PBB merespon dengan mengeluarkan peringatan kepada Malaysia hal ini dapat mendorong kelompok tersebut untuk bersembunyi dan membuat mereka takut untuk berobat ketika merasa sakit.

Warga Pakistan merespon survey ini dengan jawaban kesalahan berada di tangan pemerintah yang tidak bisa mengkontrol perbatasan dengan Iran. Warga Pakistan juga menjawab Covid-19 bisa menyebar luas di negaranya karena orang-orang yang berpulang dari Cina.

Peneliti yang mengadakan Survey ini menyebut semakin tingginya tingkat pendidikan semakin kecil juga kemungkinan mereka untuk menyalahkan orang dari kelompok tertentu.

Copy

Advertise