Deretan Mitos soal Mie Instan, Benarkah Mengandung Lilin?

Kinipaham.com – Mie instan merupakan makanan favorit masyarakat Indonesia. Selain harganya yang murah, mie instan juga sering dijadikan pengganti nasi. Namun demikian, hingga kini masih banyak yang salah kaprah mengenai dampaknya.

Padahal, kita tak boleh begitu saja membiarkan mitos-mitos tak benar beredar. Sebab hal itu bisa membuat orang yang gagal memahaminya, menjadi bingung. Lantas, fakta mengenai mie instan apa saja yang hingga kini belum diketahui kebenarannya? Berikut ulasan kami dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga : Sebelum Corona, Wabah Penyakit Ini Pernah Bunuh Puluhan Juta Orang

Mie Instan Mengandung Lilin

Sudah pasti ini adalah mitos, Saat mie direbus dan warna airnya berubah menjadi putih, itu bukan berasal dari kandungan lilin, melainkan zat pati yang berasal dari tepung terigu.

Makan Mie Instan Bisa Sebabkan Susah BAB

Sama halnya seperti nasi, mie merupakan sumber karbohidrat. Ketika susah BAB bukan berarti penyebabnya adalah mie instan, melainkan tubuh yang kurang serat. Maka, saat memasak mie instan biasakan untuk menambah sayuran.

Mie Instan Mengandung Minyak Babi

Sudah jelas pernyataan ini adalah mitos, banyak ibu-ibu yang termakan mitos ini. Itulah fungsinya BPOM yang mengecek bahan-bahan dari suatu produk, jika awalnya suatu produk tidak mengandung minyak babi dan tiba-tiba mengandung minyak babi pasti akan ketahuan.

Mie Instan Penyebab Usus Buntu

Penyebab usus buntu adalah adanya penyumbatan pada saluran usus akibat tinja, pembengkakan kelenjar usus dan lain sebagainya. Hingga hari ini, tidak ada data penelitian yang menyatakan bahwa mie instan bisa menyebabkan gangguan pencernaan tersebut.

Baca Juga : Ngerinya PPOK, Penyakit Mematikan yang DIsebabkan Polusi Udara

Itulah beberapa mitos mie instan yang paling populer dikalangan masyarakat Indonesia. Dengan adanya informasi seperti ini bukan berarti kalian boleh mengkonsumsi mie instan setiap hari, karena:

1. Kandungan gizi yang tidak komplit dalam mie instan

2. Kalori yang terdapat dalam mie instan lebih besar dibandingkan nasi

3. Terlalu banyak kandungan natrium

4. Bahan pengawet dalam mie instan yang sulit dicerna

 

Copy

Advertise