Apa Itu Game 4X dan Mengapa Sangat Rumit Dimainkan?

Kinipaham – Di Indonesia bermain game masih identik dengan anak-anak atau remaja, padahal ada jenis game yang tidak bisa dimainkan oleh anak kecil di bawah umur, bahkan remaja. Game bergenre eXplore, eXpand, eXploit, and eXterminate atau 4X merupakan salah satu jenis game strategi yang mengharuskan player-nya untuk berpikir panjang dan kompleks.

Video game 4X sendiri akan sulit dimainkan anak di bawah umur karena kompleksitasnya yang sangat mendalam. Kebanyakan game bergenre ini mengharuskan player-nya untuk mengatur strategi dari awal hingga akhir.

Baca juga: 10 Game Terburuk 2021 Versi Metacritic, Ada GTA Hingga eFootball 

Ilustrasi Game 4X,
Ilustrasi Game 4X,

Satu babak di 4X biasanya dimulai dengan satu basecamp seperti kota, homeplanet, atau flagship yang akan dijadikan sebagai ‘ibu kota’ yang harus dipertahankan dari serangan musuh. Dari satu kota itu, player bisa membangun kerajaan dan mengembangkan strateginya untuk menaklukan lawan.

Explore berarti player diharuskan untuk mengirim penjelajah demi melihat keadaan di sekitarnya. Expand mengharuskan player untuk membangun luas kerajaannya dengan membangun settlements lalu mengklaim teritori. Exploit berarti player harus mengeksploitasi sumber daya yang dimilikinya untuk keperluan Research. Exterminate dapat diartikan player harus menghancurkan atau mengeliminasi musuh.

Keempat unsur yang disebutkan di atas saling berkaitan. Misal, player harus explore terlebih dahulu untuk dapat expand kerjaannya, expand dilakukan untuk mendapatkan teritori baru demi mengexploit sumber daya yang ada, sumber daya yang telah diexploit dapat digunakan untuk exterminate lawan sehingga player dapat memenangkan babak.

Ilustrasi game 4X.
Ilustrasi game 4X.

Terdengar mudah memang bila dijelaskan dengan kata-kata, tetapi ada kompleksitas lain yang perlu diperhatikan oleh player yaitu technology tree. Tech tree berperan penting untuk dapat membuka unit baru seperti tank, helicopter, atau senjata baru. Sehingga player bisa lebih efisien ketika melawan musuh.

Tidak berhenti di situ, kota-kota atau settlements yang telah dibangun juga perlu di-manage output-nya. Dengan managemen kota ini satu kota bisa dispesialisasikan sebagai kota militer yang diperuntukan untuk membuat banyak unit militer, tetapi bisa jadi kota ini memakan banyak sumber daya sehingga perlu memiliki kota lain yang menyediakan sumber daya yang diperlukan.

Rumitnya Main Game 4X

Video game bergenre ini memiliki dua platform yang berbeda, Turn-Based dan Real-Time. Turn based dimaikan seperti catur, player secara bergantian menyusun strategi. Sementara Real time sedikit lebih brutal karena tidak diberikan waktu untuk berpikir, player secara konstan mengatur strateginya agar tidak mudah diserang oleh musuh.

Beberapa video game berjenre 4X memiliki sistem wonder atau keajaiban yang bisa dibangun oleh player menggunakan sumber daya yang besar. Wonder memiliki output yang unik sehingga membangun wonder dapat memberikan keuntungan strategi bagi player yang membuatnya.

Kerumitan 4X tidak berhenti di situ, 4X juga menawarkan empat jenis kemenangan, yaitu Scientific Victory, Domination Victory, Cultural Victory, dan Diplomacy Victory.

Scientific Victory didapatkan dengan cara menghasilkan output science paling besar. Domination Victory didapatkan dengan cara menghancurkan lawan melalui jalan perang. Cultural Victory didapat melalui cara menghasilkan output cultural paling besar. Diplomacy Victory sedikit lebih rumit didapatkan karena mengharuskan player mencapai diplomacy score paling banyak di akhir babak, diplomacy score didapatkan melalui trading atau aliance.

Tingkat kerumitan 4X ini menjadikannya tidak cocok dimainkan oleh anak di bawah umur bahkan remaja, bahkan tidak sedikit player dewasa yang masih tidak bisa memainkannya karena terlalu rumit serta mengharuskan player menghabiskan waktu lama untuk satu babak.

Kekompleksan video game bergenre 4X membuat gameplay-nya menghabiskan waktu yang lama. Bukan hanya berjam-jam kadang player memainkannya sampai berhari-hari. Video game seperti Civilizations 5 bisa memakan waktu dua hari untuk menyelesaikan satu babak singleplayer.

Video Game 4X Populer

  1. Age of Empire Franchise
  2. Civilizations Franchise
  3. Stellaris
  4. Endless Space Franchise
  5. Endless Legends
  6. Sins of A Solar Empire
  7. Rise of Nations
  8. Galactic Civilizations Franchise. (SFN).
Copy

Advertise

Pantau Artikel Kinipaham di Instagram yuk!

X