Apa Itu Fungal Acne dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kinipaham – Kulit wajah yang bersih, halus, dan bercahaya menjadi impian seluruh perempuan di dunia. Namun, tak jarang, kepercayaan diri mereka menurun saat area tersebut mengalami jerawat. Mulai dari jerawat hormon, batu, kistik, hingga fungal acne.

Bagi sebagian perempuan, istilah fungal acne mungkin masih terdengar asing. Padahal, kondisi tersebut kerap ‘menyerang’ kulit wajah mereka. Lantas, apa itu fungal acne dan bagaimana cara mengatasinya?

Apa Itu Fungal Acne

Dokter kulit kosmetik di Union Square Laser Dermatology di New York City, Shereene Idriss mengatakan, fungal acne sebenarnya tidak termasuk jerawat. Kondisi kulit ini terjadi karena kelebihan ragi malassezia yang berada dalam klasifikasi biologis sama dengan jamur di dalam folikel rambut.

Fungal Acne.
Fungal Acne.

Baca juga: Ladies, Ini Skincare Aman untuk Wajah yang Alami Fungal Acne

Berbeda dengan jerawat normal, biasanya cenderung mempengaruhi wajah dan dapat disebabkan oleh peningkatan produksi minyak, penyumbatan folikel, pertumbuhan bakteri berlebihan dari propionibacterium acnes atau perubahan hormon.

Munculnya fungal acne ini biasanya ditandai dengan munculnya masalah kulit lainnya. Beberapa di antaranya rambut berketombe hingga psoriasis. Namun, sekali lagi, fungal acne tak bisa disebut jerawat. Sebab, jika jerawat disebabkan bakteri, maka fungal acne terjadi karena infeksi jamur.

Meski umumnya muncul tiba-tiba, fungal acne bisa disebabkan beberapa faktor. Salah satu yang sering terjadi ialah kulit lembap terlalu lama. Misalnya, mengenakan masker basah terlalu lama hingga menimbulkan bakteri.

Selain itu, konsumsi obat antibiotik hingga imun tubuh lemah juga bisa membuat fungal acne muncul pada kulit. Bahkan tak menutup kemungkinan, perempuan juga bisa tertular dari orang lain.

Cara Mengatasi Fungal Acne

Wanita yang Alami Fungal Acne.
Wanita yang Alami Fungal Acne.

Menurut penjelasan sejumlah sumber, fungal acne tak bisa hilang atau disembuhkan dengan krim dan obat jerawat biasa. Hal tersebut kabarnya justru akan memperburuk kondisi kulit.

Namun, jangan khawatir, ada sejumlah cara mudah untuk mengatasi fungal acne, misalnya seperti rajin mandi untuk menghambat pertumbuhan jamur, rutin mengganti masker saat bepergian ke luar rumah (jangan sampai basah), dan mengenakan krim atau obat khusus untuk fungal acne. (FN)

Copy

Advertise