Jernih dan Mencerahkan

Canggih, Pemuda Asal Malaysia Ini Bikin Motor yang Bisa Jalan di Sungai

1 130

Kinipaham.com – Penemuan alat baru tak harus bersifat canggih. Sebab, berbentuk sederhana pun tak mengapa asalkan bermanfaat bagi para penggunanya. Seperti hasil temuan dua pemuda asal Terengganu, Malaysia ini yang mereka beri nama motor amfibi, lantaran bisa berjalan di sungai yang dalam.

Dilansir dari laman The Malaysian Reserve, Kamis 12 Desember 2019, kakak beradik bernama Ikram Shahidi Mat Kail dan Muhammad Zakaria itu memodifikasi dua unit motor milik pribadi, yakni Modenas Kriss 110 dan Honda C70. Mereka menggunakan botol plastik sebagai tangki bensin, yang kemudian diletakkan di atas, sejajar dengan kepala pengendara.

Selain itu, keduanya juga mengubah letak saluran udara dan karburator serta membuat pipa menjadi lebih tinggi. Hal ini agar komponen-komponen tersebut tak kemasukan air sehingga mesin masih bisa menyala meski sedang terendam air.

Berkat modifikasi tersebut, kedua motor itu tetap bisa melaju kencang, meski seluruh bodi kendaraan sudah terendam, dan ketinggian air mencapai leher sang pengendara.

Ikram mengaku, pernah melakukan percobaan membuat motor amfibi pada 2018 silam, namun upayanya itu gagal karena motor tersebut mati ketika dibawa ke perairan dalam.

“Tapi saya mencoba untuk membuatnya lagi baru-baru ini dan berkat bantuan dari teman-teman, motor itu pun bisa selesai dalam waktu dua jam” ungkapnya.

Sedang sang adik, Zakaria, mengaku bahwa modifikasi motor tersebut dilakukannya untuk mengisi waktu luang setelah bekerja sebagai mekanik di bengkel milik mereka. Keduanya pun mengaku tak pernah mendapat pendidikan formal sebagai mekanik. Itulah mengapa, saat video soal penemuannya itu viral, mereka merasa kaget dan tak percaya.

“Kami hanya berkeliling-keliling kampung dengan motor tersebut dan kami tak menyangka video tentang motor kami bisa viral dan banyak yang memuji kreativitas kami,” kata dia.

1 Komen
  1. SAFE TOTO H6

    It’s a game. Five dollars is free. Try it It’s not an easy game
    ->-> 토토사이트.COM

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.