8 Hari di Luar Angkasa, Astronaut Arab Pastikan Bumi Tidak Datar

Kinipaham.com – Angkasawan asal Uni Emirate Arab atau UEA, Hazza Al Mansouri mendarat selamat di bumi setelah menjalani delapan hari yang menegangkan di Stasiun Antariksa Internasional (ISS). Ia pun mengucap kata syukur lantaran banyak pengalaman baru yang bisa ia bawa pulang.

Satu hal yang langsung ia ceritakan ke banyak orang, ialah kenyataan bahwa bumi sejatinya berbentuk bulat. Hazza memastikan, bahwa konspirasi mengenai bumi datar itu tidak benar. Sebab, ia telah memastikannya sendiri saat sedang berada di luar horizon bumi.

Baca juga: 4 Rekomendasi Laptop Slim yang Enggak Ribet

“Kalau kalian bertanya mengenai bumi, saya pastikan bumi itu bulat, bukan datar. Saya telah melihatnya dengan mata kepala saya sendiri. Jadi, saya bisa mengatakannya kepada kalian semua saat ini,” ujarnya di Gagarin Cosmonaut Training Center, Moskow, Rusia, beberapa waktu lalu.

Bagi dirinya, pengalaman menjalankan misi antariksa selama delapan hari yang tergolong singkat itu begitu berharga. Dia mendapatkan pengalaman tak bernilai dari misi tersebut. Ke depannya ia berharap, akan ada astronaut asal Uni Emirate Arab lain yang mendapatkan pengalaman serupa.

“Misiku sekarang adalah mentransfer pengetahuan dan pengalaman pelatihanku di Star City dan di Stasiun Antariksa Internasional kepada astronaut selanjutnya. Dan aku berharap, mereka (para astronot Arab lain) akan lebih baik dari aku,” tuturnya.

Selain itu, ia juga mengungkapkan, ada satu hal yang paling ia senangi saat berada di luar angkasa, yakni kesetaraan. Sebab, saat menjalani misinya, ia dan astronaut dari negara, suku, serta warna kulit lain, saling bahu membahu demi kemaslahatan umat manusia di bumi.

Baca juga: Hot, Samsung Siapkan Sensor Kamera Baru dengan Resolusi 144 MP

“Hal yang paling saya rindukan adalah teman-teman saya di stasiun, orang-orang dari negara-negara internasional yang bekerja bersama untuk umat manusia,” kata dia. (SFN)

Copy

Advertise