7 Rekomendasi Buah yang Aman untuk Penderita Diabetes

Kinipaham – Bingung mencari buah yang aman untuk penderita diabetes? Apakah kamu berpikir jika kandungan gula dalam buah itu berbahaya untuk penderita kencing manis? Jangan salah, penderita diabetes tetap diperbolehkan mengonsumsi buah-buahan berikut, lho!

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang banyak diderita manusia. Baik tua ataupun muda, semuanya bisa mengidap penyakit tersebut. Diabetes disebabkan karena terganggunya fungsi insulin tubuh dalam mengontrol gula darah.

Cek Diabetes.

Penyakit diabetes memang salah satu penyakit turunan. Jika orang tuamu memiliki riwayat penyakit ini, kamu pun punya risiko untuk mengidap diabetes juga. Akan tetapi, bukan berarti kamu tidak bisa berbuat apa-apa.

Penyakit ini bisa dicegah salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat seperti memakan makanan dengan kadar gula yang tidak berlebihan.

Rekomendasi Buah Untuk Penderita Diabetes

Buah yang aman untuk penderita diabetes.
Buah yang aman untuk penderita diabetes.

Buah yang aman untuk penderita diabetes adalah buah-buahan dengan kadar glikemik yang rendah. Dengan begitu, risiko naiknya gula darah tidak perlu dikhawatirkan.

1. Alpukat

Alpukat terkenal sebagai buah yang mengandung lemak, tetapi lemak yang sehat bukan lemak jahat. Buah ini dapat mengendalikan kadar gula darah dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

Keuntungan lain dari mengonsumsi alpukat adalah timbulnya rasa kenyang sehingga cocok untuk mengontrol makanan yang masuk dalam tubuh bagi yang sedang diet.

Cara memakan buah alpukat cukup dimakan langsung dengan dikerok atau diiris dan tambahkan di atas roti gandum yang dicampur madu. Yang perlu diingat, makanlah alpukat secukupnya sampai jangan berlebihan.

2. Jeruk

Seperti yang kita ketahui, jeruk mengandung vitamin C. Tetapi bukan itu saja, jeruk juga kaya akan asam folat dan kalium yang berguna untuk menjaga kesehatan pembuluh darah sehingga tekanan darah bisa terkendali.

Penderita diabetes tak perlu khawatir untuk mengonsumsi jeruk karena kadar glikemiknya rendah sekitar 55. Untuk tipsnya, sebaiknya memakan jeruk secara langsung tanpa diolah menjadi jus atau diperas terlebih dahulu.

3. Kiwi

Sama seperti buah jeruk, kiwi juga mengandung banyak vitamin C, kalium, dan asam folat dengan kadar glikemik yang rendah. Bisa dibilang, kiwi menjadi buah yang wajib dikonsumsi oleh penderita diabetes dan orang yang sedang menjalankan program diet.

4. Apel 

Buah apel menjadi daftar keempat buah yang aman dikonsumsi penderita diabetes. Apel mengandung vitamin C, antioksidan, kaya serat dan pastinya punya kadar glikemik yang rendah yaitu kurang dari 55. 

Akan lebih bagus jika penderita diabetes memakan apel sekaligus dengan kulitnya. Namun, perlu diperhatikan lagi mengenai kebersihannya. Cuci sampai bersih jangan sampai ada kotoran dan kandungan lain seperti pengawet yang justru membahayakan kesehatan.

5. Stroberi

Buah untuk penderita diabet selanjutnya adalah stroberi. Beberapa orang mungkin kurang menyukai stroberi karena rasanya yang asam. Akan tetapi, kandungan antioksidan stroberi cukup tinggi. Antioksidan berperan untuk menangkal radikal bebas. Kadar gula darah juga bisa terkendali dengan memakan stroberi secukupnya tanpa ditambah pemanis buatan.

6. Pear

Pear menjadi rekomendasi buah yang aman untuk penderita diabetes keenam. Seperti buah lainnya, pear punya kandungan serat, antioksidan, vitamin, dan mineral yang cukup tinggi. Kadar glikemik yang rendah dalam pear juga bisa mencegah naiknya kadar gula darah bagi penderita diabetes.

7. Mangga

Manga cocok dimakan penderita diabetes asalkan tidak salah dalam mengolahnya. Biasanya, orang mengolah mangga dengan cara dijus dan ditambah gula, cokelat, dan susu. Cara ini lah yang salah. 

Penderita diabetes sebaiknya konsumsi mangga dengan cara dimakan langsung. Cukup kupas mangga lalu cuci bersih dan dipotong.

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.