6 Cara Mudah Hilangkan Mata Panda di Rumah

Kinipaham – Memiliki mata indah merupakan mimpi seluruh kalangan, terutama kaula muda. Sebab, dengan begitu, kepercayaan diri menjadi meningkat. Namun, bagaimana jika kita kadung mengalami mata panda?

Mata panda merupakan kondisi yang banyak dialami masyarakat modern. Sebab, kebanyakan dari kita terlalu sering menatap layar gawai. Bukan hanya itu, tidur terlalu larut dan tak banyak minum air putih juga menjadi penyebab lainnya.

Baca juga: Pilihan Masker di Bawah Rp100 Ribu yang ‘Sakti’ Atasi Masalah Kulit

Lantas, bagaimana cara mudah hilangkan mata panda di rumah? Berikut hasil rangkuman kami yang dikutip dari Alodokter, Kamis 4 Maret 2021.

Cara Menghilangkan Mata Panda di Rumah

1. Menggunakan kompres dingin

Mata panda terbentuk karena pembuluh darah di bawah kulit sekitar mata melebar. Untuk menghilangkan mata panda, Anda bisa memberi kompres dingin di bawah mata guna mengecilkan pembuluh darah yang melebar.

Caranya mudah, cukup bungkus es batu dengan kain bersih atau rendam kain di dalam air dingin, lalu tempatkan di kulit sekitar mata yang menggelap selama 15–20 menit.

2. Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh

Salah satu penyebab munculnya mata panda adalah kurangnya cairan tubuh atau dehidrasi. Itulah mengapa, Anda perlu minum air putih minimal 8 gelas setiap hari, supaya kebutuhan cairan tubuh tercukupi. Kekurangan cairan tubuh dapat membuat Anda lesu, dan mata panda semakin jelas terlihat.

3. Mengompres dengan kantong teh celup

Baik hitam atau hijau, teh mengandung kafein dan antioksidan yang mampu memperbaiki sirkulasi darah di kulit dan mencerahkannya.

Nah, untuk mengatasi mata panda, Anda bisa mengompres dengan kantong teh basah yang telah didinginkan di dalam kulkas, lalu tempelkan pada mata selama kurang lebih 15–20 menit.

4. Menghindari konsumsi kopi dan minuman beralkohol

Kopi dan minuman beralkohol dapat menyebabkan dehidrasi ringan yang membuat mata panda semakin terlihat jelas. Selain itu, konsumsi kopi berlebihan juga membuat Anda terjaga lebih lama, sehingga mata panda semakin sulit dihilangkan.

5. Menggunakan krim mata

Beberapa krim mata, misalnya krim yang mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin K, atau ekstrak daun teh, diketahui mampu mengurangi kerutan di kulit dan menyamarkan mata panda.

Maka, Anda bisa menggunakannya untuk menghilangkan mata panda. Namun, hasilnya tidak instan. Anda mungkin perlu menggunakan krim mata selama beberapa minggu hingga mata panda bisa tampak lebih samar.

6. Mencukupi waktu tidur

Kelelahan dan kurang tidur merupakan salah satu penyebab paling umum munculnya mata panda. Itulah mengapa, untuk menghilangkan mata panda, Anda perlu mencukupi waktu tidur, yaitu sekitar 7–9 jam setiap malam. Hindari kebiasaan sering tidur terlalu malam atau begadang.

Copy

Advertise