5 Tips Mengatasi HP Baterai Tanam Tidak Bisa Dicas

Kinipaham – Ponsel keluaran sekarang rata-rata menggunakan baterai tanam. Hal yang sangat riskan, sebenarnya, karena mengatasi HP baterai tanam tidak bisa dicas tak bisa dilakukan sendiri.

Ponsel baterai tanam jarang terdengar kasus kembung. Permasalahannya justru muncul pada lubang USB yang tidak bisa mengisi daya.

Hal ini yang menjadikan kebanyakan pengguna bingung untuk mengatasi masalah yang sering dialami terkait baterai tanam. Pasalnya, baterai benar-benar tidak bisa dicopot begitu saja, tentunya kita harus ekstra untuk mengetahui apa penyebabnya.

Cara Mengatasi HP Baterai Tanam Tidak Bisa Dicas

Ponsel yang tidak bisa mengisi daya memang merupakan masalah klasik. Terkadang daya tidak masuk sama sekali, tapi seringnya HP dicas masuk tapi baterai tidak bertambah.

Penanganannya berbeda-beda, tergantung masalah yang menyebabkannya. Ada baiknya pengguna mengingat-ingat terlebih dahulu, apa yang dilakukan terakhir kali sebelum baterai tidak bisa dicas.

Cara mengatasi HP baterai tanam tidak bisa dicas.
Cara mengatasi HP baterai tanam tidak bisa dicas.

Seringkali pengguna mengakui telah melakukan update software, dan sejak itu ponsel tak dapat dicas. Jika ini terjadi, pengguna bisa langsung reset ponsel ke factory default. Namun jika tidak, bisa ikuti langkah-langkah berikut untuk mengatasi HP baterai tanam tidak bisa dicas:

1. Cek Charger Ponsel

Hal pertama yang perlu dicek sebelum otak-atik ponsel adalah, ujung kabel charger ponsel, bisa jadi ada kotoran menempel. Kotoran tersebut mengakibatkan aliran listrik terhambat dan daya tidak bisa masuk ke ponsel.

Cara mengatasi HP baterai tanam tidak bisa dicas, adalah dengan membersihkan ujung charger dengan tisu. Apabila kotoran membandel seperti karat, bersihkan secara perlahan menggunakan amplas agar ujung charger tidak rusak.

2. Bersihkan Port USB

Selanjutnya bersihkan port USB, karena lama pemakaian identik dengan banyaknya kotoran yang menempel. Kotoran tersebut biasanya didapatkan dari saku tempat menyimpan ponsel. 

Bersihkan kotoran dalam port menggunakan tusuk gigi yang dibalut tisu secara perlahan agar tidak merusak konektor di dalamnya. Hindari penggunaan bahan logam ketika membersihkan, karena dapat mengakibatkan korsleting dan menjadi alasan baru mengapa HP tidak bisa dicas.

3. Cek Kabel Charger

Apabila kedua langkah di atas sudah dilakukan namun ponsel masih juga tidak mau mengisi, cek kabel pada charger. Cek apakah ada kabel yang putus, karena biasanya setelah selesai men-charge, kabel digulung asal dan ujungnya ditekuk untuk mengunci golongan.

Cara pemakaian yang tidak benar dapat mengakibatkan kabel putus, dan tidak bisa mengisi daya. Jika benar ada kabel yang putus, sambung kembali kabel atau ganti saja dengan kabel original. Meski lebih mahal, tapi kabel original memiliki kualitas yang bagus hingga lebih kuat dan awet.

4. Adaptor Charger

Beberapa cara diatas masih belum berhasil? Coba cara satu ini, gunakan adaptor lain. Apabila daya bisa masuk, maka adaptor pengguna perlu diganti. Adaptor yang rusak biasanya karena pemakaian yang lama (tidak dicabut dari stop kontrak setelah selesai men-charge).

Hal ini ditandai dengan penurunan penghantar daya, dan ponsel yang lebih lama penuh. Perawatan charger yang buruk pun dapat menyebabkan adaptor error bahkan mati. Apabila adaptor benar mati, ganti dengan adaptor baru yang original agar pengisian daya optimal.

5. Kunjungi Service Center

Apabila semua cara di atas telah dilakukan namun belum berhasil juga, kunjungi service center resmi. Kemungkinan error tinggal dua hal, dan keduanya harus ditangani ahli. Kemungkinan pertama, baterai ponsel tanam rusak.

Seiring dengan lamanya pemakaian, baterai ponsel tanam pun bisa rusak, meski agak jarang. Kualitas penyimpanan daya pada baterai akan semakin menurun, apalagi jika pengisian daya tidak teratur atau over charge.

Apabila pengguna mengalami ini, kunjungi servis center resmi untuk mengganti baterai baru, karena baterai tanam tidak bisa begitu saja diganti. Setelah mendapatkan baterai baru, perhatikan cara pengisian baterai agar tidak over charge lagi dan menyebabkan baterai rusak.

Kemungkinan kedua, IC charger ponsel rusak sehingga aliran listrik tidak bisa masuk. Sebaiknya serahkan pada mekanik resmi, agar segala sesuatunya lebih terjamin.

5 Tips Mengatasi HP Baterai Tanam Tidak Bisa Dicas

Mengatasi HP baterai tanam tidak bisa dicas tidak bisa asal. Pastikan pengguna tahu kejadian sebelum ponsel tidak bisa di cas sama sekali. Setelah itu, baru lakukan pertolongan pertama dengan langkah-langkah diatas. Jika masih belum bisa juga, maka berikan pada ahlinya.