5 Makanan Indonesia Ini Berasal dari Singkatan, Salah Satunya Perkedel

Kinipaham – Banyak yang bilang, Indonesia terkenal dengan kulinernya. Bahkan, saking beragamnya makanan yang tersedia, namanya pun sampai bermacam-macam. Sebagian ada yang menggunakan bahasa daerah, namun tak sedikit juga yang berasal dari singkatan.

Sebagian kalian mungkin belum tahu, ada sejumlah makanan asli Tanah Air yang berasal dari singkatan. Menariknya, sebagian justru hidangan terkenal yang acap kita jumpai di banyak tempat. Lantas, apa saja? Berikut rangkuman Kinipaham yang dikutip dari berbagai sumber, Selasa 22 September 2020.

Putu

Banyak yang belum tahun, putu merupakan singkatan dari pencari uang tenaga uap. Hal itu cukup beralasan. Sebab, penjualnya menyajikan kue dengan cara tersebut dan memikul dagangan ke mana-mana.

Batagor

Mungkin sebagian kita sudah tahu, batagor merupakan singkatan dari bakso tahu goreng. Makanan yang konon berasal dari Bandung, Jawa Barat, ini disajikan bersama campuran bumbu kacang, saus dan juga kecap manis.

Cuanki

Makanan yang cukup populer di Jakarta dan sekitarnya ini punya arti yang cukup unik. Yakni, cari uang jalan kaki. Sebab, selain mangkal di pinggir jalan, penjualnya acap menawarkan dagangannya ke rumah-rumah atau dengan cara berkeliling.

Ketoprak

Siapa tak kenal ketoprak? Kendati cukup populer dan disukai banyak orang, namun belum banyak yang mengetahui kepanjangannya. Konon, ketoprak memiliki arti ketupat dan toge digeprak.

Perkedel

Perkedel terinspirasi dari makanan khas Belanda yang dikenal sebagai frikadel. Ternyata, usut punya usut, perkedel merupakan singkatan dari persatuan kentang dan telur. Unik sekali, bukan? (SFN)

Copy

Advertise