5 Fakta Menarik di Balik Serial Netflix The Queen’s Gambit

Kinipaham – Setidaknya ada 5 fakta menarik terkuak pada serial Netflix The Queen’s Gambit.

The Queen’s Gambit merupakan serial orisinil Netflix yang berkisah tentang kehidupan pecatur wanita bernama Elizabeth Harmon atau Beth. Berjumlah tujuh episode dan pertama tayang pada Oktober 2020 lalu, The Queen’s Gambit menjadi salah satu judul yang paling banyak dicari penonton.

Serial tersebut menyajikan keseruan bagi para penyuka catur. Plot dalam catur dibuat sedemikian nyata sesuai permainan pro atau ahli. Bahkan, sejumlah pengamat mencoba merekonstruksi langkah-langkah permainan di serial The Queen’s Gambit.

Baca juga: Sosok Elizabeth Harmon “The Queen’s Gambit” di Dunia Nyata

Menariknya, di balik kesuksesan serial tersebut, ada sejumlah fakta tersembunyi yang belum diketahui banyak penonton. Berikut kami sampaikan rangkumannya, dikutip dari CNN, Kamis 24 Desember 2020.

Gagal Diadopsi ke Layar Lebar

The Queen’s Gambit merupakan novel besutan Walter Tevis. Sebelum diangkat ke serial Netflix, kisah tersebut rencananya diadopsi ke film layar lebar. Namun, calon pemeran Elizabeth Harmon saat itu, Ellen Page meninggal dunia. Sehingga semua rencana kemudian buyar dan batal terlaksana.

Melibatkan Grandmaster Sungguhan

Serial The Queen’s Gambit rupanya nyaris melibatkan Grandmaster catur sungguhan, Garry Kasparov. Kasparov dan pelatih catur Amerika Serikat Bruce Pandolfini direkrut untuk menyusun skenario permainan catur sungguhan di serial tersebut.

Skenario Asli Permainan Catur

Elizabeth Harmon “The Queen’s Gambit”. Foto: Filmdaily.

Di bawah arahan Pandolfini dan Kasparov, adegan serial tersebut dilakukan dengan gerakan-gerakan permainan catur sungguhan. Seluruh pemeran benar-benar memainkan catur sesuai arahan sang Grandmaster. Meski kamera tak selalu menyorot papan catur, permainan tetap berjalan secara sungguhan.

Anya Taylor-Joy Terima Tawaran tanpa Baca Naskah

Biasanya, sebelum menerima tawaran memerankan suatu tokoh, aktor atau aktris bakal lebih dulu mendalami naskahnya. Seandainya cocok, maka tawaran tersebut dia ambil. Namun jika sebaliknya, penolakan mungkin saja terjadi. Menariknya, hal itu urung dilakukan Anya Taylor-Joy yang dipilih memainkan tokoh Elizabeth Harmon.

Pada salah satu wawacara, dia mengaku senang dengan karakter serta pembawaan Beth di serial tersebut. Itulah mengapa, tak ada alasan bagi dia untuk menolaknya.

Nuansa Catur di Pakaian dan Tembok Rumah

Jika diperhatikan, setiap kostum yang dikenakan Elizabeth Harmon pasti ada corak kotak-kotak yang terlihat samar. Motif tersebut tentu mengingatkan kita dengan pola papan catur. Selain itu, rumah serta hotel yang dihuni Beth rata-rata juga memiliki tampilan serupa.

Copy

Advertise