Penting, Ini 5 Buah yang Bisa Bantu Turunkan Kolesterol

Kinipaham.com – Kolesterol merupakan lemak dalam tubuh yang berguna. Tetapi apabila kadarnya di dalam tubuh terlalu tinggi, kolesterol  akan menumpuk di pembuluh darah sehingga membuat aliran darah tersendat. Kolesterol di produksi secara alami oleh orga hati, tetapi bisa juga di dapatkan dari makanan yang berasal dari hewan. Kolesterol diperlukan oleh tubuh untuk membuat sel-sel sehat, memproduksi hormon dan juga menghasilkan vitamin D.

Baca Juga : Belum Banyak yang Tahu, Ini Makna di Balik Logo Apple

Meskipun penting bagi tubuh kita, jika kolesterol kadanya terlalu tinggi dapat mengganggu kesehatan kita. Penyakit kolesterol ini sudah bukan penyakit orang tua lagi, melainkan kalangan anak-anak muda sudah banyak yang terkena penyakit kolesterol. Penyebab anak muda sudah sekarang gampang terkena kolesterol adalah gaya hidup mereka yang kurang sehat, keturunan, serta ada penyakit lain yang diderita seperti diabetes atau obesitas.

Ada banyak cara menurunkan kolesterol, ada yang memakai obat-obatan ada juga yang secara alami. Diantaranya adalah memakan buah-buahan. Apa saja buah-buahan yang dapat membantu menurunkan kolesterol secara alami? Yuk kita lihat!

Pisang

Dalam buah pizang terdapat zat inulin yang berguna mengurangi kolesterol dari makanan yang kamu konsumsi. Hal ini membantu Anda untuk mengendalikan kadar kolesterol. Selain itu, ada juga kandungan kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Buah Pisang juga bagus lho untuk kamu yang sedang menjalankan program diet.

Apel

Buah penurun kolesterol selanjutnya adalah apel. Pasalnya, buah penurun kolesterol ini, terutama kulitnya, mengandung pectin, yaitu serat larut air yang ampuh menurunkan kolesterol. Pectin bekerja dengan cara menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus, untuk dibawa keluar tubuh lewat urine dan feses. Selain bagus untuk membantu menurunkan kolesterol, apel juga bagus lho untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga : Coba Makan 6 Buah Ini, DIjamin DIetmu Bakal Sukses!

Pir 

Pir termasuk salah satu buah penurun kolesterol. Pasalnya, buah ini tinggi kandungan serat alaminya. Satu buah penurun kolesterol dalam ukuran sedang dapat mencukupi 16% kebutuhan serat harian Anda. Bahkan, nilai serat buah penurun kolesterol ini lebih tinggi daripada buah apel. Selain dapat membantu menurunkan kolesterol, apel juga

Alpukat

Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk jantung. Salah satu buah penurun kolesterol ini juga kaya akan vitamin, mineral, serta senyawa yang menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Mengonsumsi satu buah alpukat per hari bisa membantu menurunkan kolesterol. Bagi yang sedang diet, jangan terlalu banyak untuk mengkonsumsi alpukat, karena alpukat mempunya kalori yang tinggi.

Jeruk

Jeruk termasuk salah satu buah penurun kolesterol. Pasalnya, salah satu jenis buah sitrus ini kaya akan serat larut air yang dapat mengikat kolesterol yang terserap di usus halus. Buah penurun kolesterol ini juga merupakan buah yang tinggi kadar vitamin C. Vitamin C tidak hanya bekerja membantu mencegah penumpukan kadar kolesterol, tetapi juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler.

Baca juga: Biar Enggak Lupa, Ini 3 Makanan yang Bikin Rambut Cepat Rontok

Itulah beberapa buah yang dapat membantu menurunkan kolesterol secara alami. Selain dapat membantu menurunkan kolesterol, ada beberapa buah diatas yang juga bisa membantu kamu menurunkan berat badan juga lho. (HA)

Copy

Advertise